Home EkoBis Gubernur Mahyeldi Hadi di Rakor BUM Des dan BUM Nag

Gubernur Mahyeldi Hadi di Rakor BUM Des dan BUM Nag

by Igo Kleden

PADANG|PARADISO INDONESIA – BUM Des dan BUM Nag adalah suatu badan usaha milik desa dan nagari yang bertujuan untuk kesejahteraan serta meningkatkan ekonomi masyarakat desa atau nagari sehingga terwujudnya Sumatra Barat yang madani, unggul dan berkelanjutan .

Untuk itu Dinas DPMD Sumatra Barat terus berkordinasi dan mensupport BUM Des dan BUM Nag lewat rapat kordinasi secara berkelanjutan sehingga dalam melaksanakan usaha serta penggunaan dana desa tahun 2023 sesuai aturan yang berlaku. Diharapkan dengan itu  mampu untuk meningkatkan ekonomi yang merata serta memperkuat keuangan di tingkat desa dan nagari.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Dinas DPMB dengan BUM Des dan BUM Nag pada Senin (15/5) yang juga dihadiri Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.

BUM Des dan BUM Nag diharapkan sudah berbadan hukum karena ini suatu jalan bagi suatu badan usaha milik desa atau nagari mempunyai legalitas yang sah sehingga bisa mendapat bantuan bantuan dari provinsi maupun pemerintah pusat dalam mengembangkan usahanya.

Sementara itu Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi  menyatakan BUM Des Dan BUM Nag harus menggali potensi – potensi yang bisa dikelola, antara lain potensi SDM dan potensi sumber daya alam nagari maupun desa, Ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, serta sebagai pengembangan produk unggulan kawasan desa atau nagari

BUM Des dan BUM Nag bisa mengelola potensi usaha, memanfaatkan aset , mengembangkan invsestasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan serta menyediakan jenis usaha lainya sebesar – besarnya umtuk kesejakteraan masyarakat desa atau nagari. ***( H )

Baca Juga:   Masyarakat Timur Tengah Utara Diberikan Pemahaman Terkait Fintech

Berita Terkait