Homestay Balkondes Sekitar Borobudur Laris Manis, Angkasa Pura II Raih Penghargaan Nusantara CSR Awards 2019

Jakarta (Paradiso) – PT Angkasa Pura II (Persero) meraih Nusantara CSR Awards 2019 kategori Pengembangan Desa Wisata atas upaya perseroan memajukan perekonomian di tingkat desa melalui pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Tegal Arum, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Balkondes dimaksud adalah area homestay bagi wisatawan asing dan domestik yang terletak sangat dekat, sekitar 3 km, dari kawasan wisata Candi Borobudur.

Nusantara CSR Awards 2019 sendiri diinisiasikan oleh The La Tofi School of CSR, lembaga yang sudah belasan tahun fokus pada pengembangan sektor CSR di Tanah Air.

Adapun penghargaan kepada Angkasa Pura II tersebut diserahkan pada 18 September 2019.

VP of Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan homestay Balkondes Tegal Arum saat ini telah dioperasikan mandiri oleh masyarakat setempat dan mampu menjadi penggerak roda perekonomian di daerah tersebut.

“Kami selalu berupaya memberikan bantuan yang dapat memberdayakan masyarakat setempat sehingga roda perekonomian dapat terus berjalan. Saat ini Balkondes tersebut menjadi salah satu homestay yang dicari-cari para wisawatan asing dan domestik.”

“Penghargaan Nusantara CSR Awards 2019 kategori Pengembangan Desa Wisata ini menjadi penyemangat bagi kami supaya Angkasa Pura II dapat lebih banyak lagi menjalankan program pemberdayaan di Tanah Air,” jelas Yado Yarismano.

Balkondes yang dibangun Angkasa Pura II adalah kawasan homestay yang didesain mengutamakan kenyamanan bagi wisawatan.

Dibangun di atas lahan seluas 6.000 meter persegi, Balkondes Tegal Arum terdiri dari 7 unit guesthouse. Setiap guesthouse terdiri dari dua lantai, dengan dua tempat tidur, satu kamar mandi, dan satu ruang keluarga dilengkapi televisi.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno sebelumnya mengatakan konsep Balkondes adalah untuk membangun ekonomi kerakyatan melalui bantuan tanggung jawab sosial perusahaan yang mendukung kemajuan sektor pariwisata.

“Balkondes didirikan sebagai sarana pengembangan perekonomian masyarakat setempat melalui pengembangan kegiatan UMKM di lingkungan sekitar. Di satu sisi juga adanya homestay dapat dipadukan dengan ekplorasi seni dan budaya lokal untuk menunjang pariwisata setempat,” ujar Menteri BUMN.

Sementara itu, Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Arum Jaya Tegal Arum Bambang Yitmo Handoyo mengatakan tingkat okupansi Balkondes yang dibangun Angkasa Pura II cukup tinggi.

“Kalau ada event tertentu atau hari libur Alhamdulillah sering full booking,” jelas Bambang Yitmo Handoyo.

Saat ini, lanjut Bambang, homestay Balkondes Tegal Arum juga dapat dipesan melalui biro jasa perjalanan digital Traveloka.

Dia mengatakan Balkondes Tegal Arum memiliki sejumlah kelebihan sehingga selalu menarik minat para wisatawan.

“Strategis tempatnya, bangunannya unik, makanannya enak, ramah pegawainya. Itu review dari sebagian besar pengunjung,” jelas Bambang Yitmo Handoyo.

Homestay Balkondes Tegal Arum dibangun Angkasa Pura II dan kini pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat setempat. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.