Keindahan Sumbawa Tersaji di Festival Pulau Moyo 2019

JAKARTA (Paradiso) – Festival Pesona Moyo akan digelar pada tanggal 11-29 September 2019 di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Festival ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta membangkitan seni budaya di Kabupaten Sumbawa. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selama ini telah mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. Festival Pesona Moyo 2019 ini diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat dan secara khusus ke Kabupaten Sumbawa.

Festival Pesona Moyo 2019 akan diisi dengan serangkaian acara yang menarik seperti Karnaval, Pawai Budaya, Pegelaran Budaya, Pameran Expo UMKM, Temu Usaha UMKM, Dialog Pariwisata, Jambore Kader Konserpasi, Jelajah Alam Pulau Moyo, Jaran Utama, Melala Satu Muharam, Balap Sampan, Kontes Mision, Diskusi Budaya, Diskusi Kelompok Terfokus, Gebyar Pesta Jagung, Rantok 1000 Denek, Samawa Sepuloka, Pentas Budaya Empang, Barapan Kebo dan dll.

Festival ini dinamakan Festival Pesona Moyo karena di pulau Sumbawa terdapat sebuah pulau kecil yang mempesona dan memiliki keindahan serta nilai eksotisme yang tinggi, dibalut dengan panorama alam dan keindahan bawah laut yang memukau. Pulau tersebut bernama Pulau Moyo. Pulau Moyo merupakan sebuah pulau yang terletak sekitar 3 KM dari lepas daratan Sumbawa. Pulau ini menjadi lebih terkenal setelah Putri Diana dari Inggris singgah untuk menghabiskan waktu liburannya.

Beberapa pesohor dunia juga pernah menghabiskan waktu liburannya di sini seperti Musisi Rock Mick Jagger, David Bowie, petenis Rusia Maria Sharapova, pemain bola David Beckam dan masih banyak lagi. Daya tarik utama dari pulau ini adalah mulai dari hutan tropis, lautnya yang indah, air terjun yang memukau, serta pemandangan bawah laut yang mempesona. Namun, salah satu yang paling diburu di Pulau Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu yang memiliki kelebihan air terjun bertingkat dan terdapat kolam-kolam indah yang tercipta secara alamiah.

Rangkaian kegiatan Festival Pesona Moyo tahun 2019 bakal dimulai pada 11 September 2019 dan berakhir pada 29 September 2019 mendatang. Jadwal ini disampaikan secara resmi pada rapat koordinasi penyelenggaraan Festival Pesona Moyo 2019 yang digelar di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (4/9/2019).

Sekda Sumbawa – Hasan Basri saat membuka Rakor berharap agar setiap event yang diselenggarakan dalam kegiatan Festival Pesona Moyo dapat berlangsung semarak. Hal tersebut dianggap penting supaya dapat memberikan keuntungan komparatif yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Selain itu juga dapat meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta dapat membangkitkan seni budaya di Kabupaten Sumbawa.

Berikut Rangkaian Festival Moyo 2019:

  •  Gebyar Pesta Jagung yang akan digelar pada Rabu pagi 11 September 2019 di Taman Mangga Sumbawa Besar.
  •  Cultural Parade diadakan pada Kamis sore 12 September di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.
  •   Creative Dialogue pada Jum’at malam 13 September di Istana Dalam Loka,
  •   Fishing Tournament pada Sabtu pagi 14 September di Pantai Saliper Ate,
  •   Welcoming Ceremony of Sail Indonesia yang pada Sabtu malam 14 September di Desa Labuhan Jambu Kecamatan Tarano,
  •   Saka Buffalo Race pada Minggu pagi 15 September di Sirkuit Sumer Payung Desa Karang Dima, dan
  •   Pasar Potengan yang merupakan event baru di Fesmo 2019 akan digelar pada Minggu Siang 15 September di Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu, serta
  •  Opening Ceremony Festival Pesona Moyo 2019 digelar pada Minggu malam, 15 September di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.
  •   Event Temu Usaha akan digelar pada Senin pagi 16 September di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati, Pada waktu yang sama juga digelar Festival Tua Kawa di Desa Batu Dulang Kecamatan Batu Lanteh,
  •  Festival Samba pada Senin sore, 16 September di Desa Plampang Kecamatan Plampang,
  •  Festival Turen Tawer pada Selasa pagi 17 September di Desa Muer Kecamatan Plampang,
  •   Buffalo Fest pada Rabu pagi 18 September di Desa Empang Kecamatan Empang,
  •  Festival Teba Murin pada Kamis sore 19 September di Desa Lenangguar Kecamatan Lenangguar,
  •   Pemilihan Puteri Intan Bulaeng 2019 pada Kamis malam 19 September di Lapangan Pahlawan,
  •   Main Jaran yang akan diselenggarakan pada Sabtu pagi 21 September di Lapangan Kerato Angin Laut,
  • dan dilanjutkan dengan Closing Ceremony Festival Pesona Moyo 2019 di tempat yang sama pada Minggu 29 September 2019. (ADVERTORIAL)
Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.