Home News Khatib Shalat Idul Adha di Masjid Raya Sumbar, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Pondasi Tauhid

Khatib Shalat Idul Adha di Masjid Raya Sumbar, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Pondasi Tauhid

by Editor Bali

PADANG, PARADISO INDONESIA – Ribuan warga mengikuti ibadah berjemaah Shalat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Raya Sumbar, Senin (17/06/2024). Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, bertindak selaku khatib dalam ibadah sunat yang juga dihadiri oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Forkopimda, dan Pejabat di Lingkup Pemprov Sumbar tersebut.

Dalam khutbahnya, Gubernur Mahyeldi menyampaikan betapa pentingnya menanamkan pondasi dan kemantapan tauhid dalam hati setiap orang yang beriman. Sebagaimana kemantapan tauhid yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS, serta seluruh nabi dan rasul utusan Allah.

“Ibadah qurban mengingatkan kita pada ketaatan dan kemantapan tauhid Nabi Ibrahim kepada Allah SWT, yang dengan keikhlasannya menjalankan perintah Allah untuk mengurbankan anaknya Nabi Ismail. Itu semua semata-mata mencari ridho Allah SWT,” ucap Gubernur Mahyeldi di awal khutbahnya.

Oleh karena itu, Gubernur berpesan kepada seluruh jemaah Shalat Ied Adha di Masjid Raya Sumbar, agar benar-benar memperhatikan pendidikan dan kehidupan anak atau remaja masing-masing. Terutama sekali memantapkan pondasi atsu dasar-dasar ketauhidan dalam hati mereka.

“Sebab dengan kemantapan tauhid itu, sama halnya kita memperkokoh anak-anak kita, agar tidak dirusak dan diracuni oleh hal-hal negatif seperti, narkoba, LGBT, dan pergaulan bebas. Jangan pernah berhenti dan bosan memberikan perhatian kepada anak dan remaja kita. Agar mereka tidak tersesat di kemudian hari,” kata Gubernur lagi.

Baca Juga:   Pemprov Bali Raih Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI

Di sisi lain, di sela pelaksanaan Shalat Ied Adha tersebut, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, juga mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan momentum hari raya dengan penuh dengan kegembiraan. Ia juga mengajak masyarakat untuk bahu membahu dan saling meringankan beban, terutama di kawasan terdampak bencana.

“Atas nama Pemprov Sumbar, kami mengucapakan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Mari kita bersama-sama, saling bahu membahu, baik yang ada di ranah maupun di rantau. Mari saling membantu dan meringankan,” imbau Wagub.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Sumbar, Al Amin, melaporkan bahwa pelaksanaan sholat hari raya sedianya direncanakan di halaman kantor gubernur, tetapi karena faktor cuaca, pelaksanaannya segera dialihkan ke Masjid Raya Sumbar.

Usai salat Idul Adha yang diimami oleh Imam Masjid Raya Sumbar Muhammad Amin tersebut, Pemprov akan membagikan daging qurban untuk masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang. Empat kabupaten dan kota itu dipilih karena merupakan empat daerah yang paling terdampak oleh bencana banjir, longsor, banjir lahar dingin, dan banjir bandang beberapa waktu lalu.

“Selain itu, kita juga akan memagikan daging qurban di daerah 3T, yang musalanya tidak mengadakan penyembelihan hewan kurban pada tahun ini,” ujarnya. (adpsb/ **/ H )

Berita Terkait