Lebih Dekat Bersama Hatten Wines : Winery of the Year 2017

Bali (Paradiso) – Hatten Wines baru – baru ini menerima penghargaan dalam salah satu ajang kompetisi bergengsi didalam Industri Wines di Asia yaitu Asian Wine Review. Di tahun 2017 ini tepatnya pada bulan February lalu, Asian Wine Review yang merupakan salah satu wadah pelaksanaan ajang kompetisi dan review beragam jenis wines juga winerynya, yang berada dibawah naungan The Flying Winemaker – Hongkong yang juga telah memiliki otoritas dalam melakukan wines review dalam Industri Wines khususnya di wilayah Asia, mengumumkan dan sekaligus juga menerbitkan buku hasil penilaian dan reviewnya di Hong Kong berdasarkan hasil penilaian dari 10 juri yang kompeten dan memiliki akreditasi tinggi di dunia Internasional atas wines, bahwa untuk tahun 2017 ini: Hatten Wines, salah satu perusahaan penghasil minuman anggur beralkohol-wines yang berasal dari Bali – Indonesia mendapatkan predikat sebagai “Winery of the Year”.

Ada 6 jenis produk yang dihasilkan dibawah bendera label Hatten Wines mendapat penghargaan bergengsi di ajang kompetisi ini, yaitu Best Sparkling Winner untuk Hatten Wines Sparkling Brut – Tunjung dengan 97 poin, Medali Emas untuk Hatten Wines Sparkling Rosé – Jepun, Medali Perak untuk Hatten Wines Alexandria dan juga untuk jenis Fortified Wines Hatten Wines Pino de Bali, dan medali perunggu untuk Hatten Wines Rosé dan Hatten Wines AGA White, Hatten Wines telah mencapai puncak sebagai penghasil wines terbaik di Asia.

Buku booklet yang diterbitkan kali ini merupakan terbitan kedua mereka atas Asian Wine Review ajang kompetisi wines di wilayah asia yang didistribusikan secara luas kepada khalayak dan para penikmat wines. Asian Wine Review merupakan bagian penting dari pertumbuhan industri anggur Asia yang terus berkembang. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor yang bermitra pada edisi 2016. Komitmen mereka terhadap kemajuan produksi wines di Asia dan memainkan peran besar di masa depan atas kawasan yang menarik ini.

Penerbit Eddie McDougall adalah winemaker pemenang penghargaan, sebagai juri diberbagai ajang kompetisi, kolumnis, dan pembawa acara serial TV 13 episode yang terkenal The Flying Winemaker on Discovery Network’s TLC. Pada tahun 2012, Eddie dinobatkan sebagai salah satu dari 20 Orang Teratas “Mengubah Jalan Kita Makan dan Minum” yang dikeluarkan oleh Time Out Hong Kong.

Sebagai catatan latar belakang Eddie McDougall untuk Asian Wine Review dimulai dengan sebuah pernyataan sederhana: “Pada tahun 2016 sangat sulit untuk tidak menganggap serius wines Asia. Kalau dilihat dalam rentang yang pendek selama empat tahun saja, perkembangan wines telah meningkat secara dramatis dalam kualitas, terbukti dengan medali emas dan perak yang diberikan pada kompetisi bergengsi yang ada kepada wines dari Asia. Karena inilah, saya juga harus memberikan sebuah platform untuk dikenali setiap tahunnya kepada para penghasil wines dan produk yang dihasilkannya di Asian Wine Review.

Hatten Wines sendiri juga mendapatkan pencapaian hasil yang baik pada Asian Wine Review tahun pertamanya, dimana kita menerima penghargaan sebagai Best Trophy dengan nilai 97 points untuk jenis wines kita hatten Wines Pino de Bali, medali perunggu untuk Hatten Wines Sparkling Rosé – Jepun , Sparkling Brut – Tunjung dan juga Hatten Wines Aga White.

Mengenai Hatten Wines
Menentang anemo populer dan pendapat bahwa menanam anggur dan menghasilkan anggur berkualitas di daerah tropis Asia hampir tidak mungkin, Hatten Wines telah berhasil membangun dan mempertahankan budidaya penanaman anggur lokal dan pembuatan wines yang sukses dengan diperkuat juga beberapa pengakuan internasional melalui penghargaan yang diterima. Didirikan pada tahun 1994 oleh Ida Bagus Rai Budarsa, kilang anggur Bali pertama dan satu-satunya, Hatten Wines yang merupakan perusahaan pembuat wines dan kilang anggur Bali pertama dan satu-satunya di Indonesia, telah terbukti mampu membawa cita rasa Bali ke meja hotel dan restoran di seluruh Indonesia. Terpilih di posisi 10 besar untuk produsen dengan peningkatan tercepat di Asia, Hatten Wines berkomitmen menjaga rasa dan standar kualitas internasional atas semua produk-produk yang dihasilkannya.

Konsep lama yang banyak mengatakan adalah bahwa iklim panas tidak menguntungkan bagi pertumbuhan anggur, tidak sepenuhnya dapat berlaku, seperti yang dikatakan oleh pemilik Hatten Wines, “Yang paling penting bagi tanaman merambat adalah air bawah tanah, yang kita miliki di kebun anggur kita. Sistem pergola yang kita gunakan akan memberikan keteduhan pada buah anggur – dan sekaligus juga kepada para pekerja dan memungkinkan kita memiliki beberapa varietas anggur yang bukan anggur tradisional, namun telah terbukti dapat menghasilkan beberapa anggur hebat dan terbaik selama 2 dekade terakhir. “Hatten Wines menggunakan Anggur lokal untuk menghasilkan produk-produk winesnya, dari kebun-kebun anggur kami sendiri di Bali Utara (Kabupaten Buleleng). Di kebun anggur sendiri, Hatten Wines membudidayakan anggur hitam lokal – yang masuk dalam jenis kategori Anggur Perancis- Alphonse Lavallée dan varietas anggur putih (Belgia dan Probolinggo Biru). Varietas ini dikenal dan banyak ditanam di kebun-kebun anggur di sepanjang Pantai Utara Bali, dan tidak memerlukan waktu periode tertentu untuk pangkas dan panen seperti layaknya perkebunan anggur diluar wilayah tropis, maka kondisi tersbut memungkinkan Hatten Wines menghasilkan anggur sepanjang tahun. Dengan winery yang berlokasi di Sanur, diperkuat oleh pengetahuan dan pengalaman winemaker kami dari Australia – James Kalleske yang luar biasa. Hasil kerjasama yang solid antara pemilik perusaan yang asli orang Bali dan tim produksi yang disupervisi oleh Winemaker dari Australia ini, sekarang telah berhasil menghasilkan empat label berbeda di bawah pengawasan mereka.

Pada tahun 2011, dalam keikutsertaannya di Singapore Wine Style Asia – salah satu ajang kompetisi wines, Hatten Wines dianugerahi medali Perak dan Perunggu untuk Hatten Wines Alexandria dan Pino de Bali. Medali dan penghargaan sebelumnya termasuk pujian juga didapat untuk Hatten Wines Rosé pada kompetisi Portugis kompetisi dan medali Perunggu di Kompetisi Wine & Spirits London pada tahun 2003. Pada bulan April 2012, Hatten Wines juga membawa pulang medali Wine & Spirits Asia Wine Challenge di Singapura, Memenangkan medali perak untuk Hatten Wines Aga White.

Pada tahun 2013 Hatten Wines merayakan tonggak sejarah lain dalam pencapaian internasionalnya, dengan memenangkan 4 Medali Emas dan 1 Medali Perak di China Wine and Spirits Awards 2013, di Hong Kong. Medali emas diberikan kepada Hatten Wines Rosé, Alexandria, Tunjung Brut Sparkling dan Pino de Bali, sementara medali perak jatuh kepada Hatten Wines Aga White. Jepun Sparkling Rosé juga dianugerahi medali perak di Monde du Rosé d’Mondues d’Mondues di Cannes pada tahun yang sama. Semua jenis wines yang mendapatkan penghargaan ini dibuat dan diproses dengan ketat berbahan dasar anggur local yang ditanam di Bali Utara, baik di kebun anggur milik perusahaan sendiri maupun dari kebun anggur lainnya milik para petani yang secara pribadi dengan Hatten Wines memiliki perjanjian kerjasama.

Pada tahun 2017, Hatten Wines kembali menambahkan daftar penghargaannya dengan penghargaan utama lainnya sebagai: Winery of the Year 2017 dan Best Trophy Winner oleh Asian Wine Review. Pengharagaan Trophy Terbaik untuk Wines dapat diartikan sebagai wines yang luar biasa, memiliki karakter khusus yang prima dan kompleksitas rasa yang diharapkan dari wines klasik sesuai varietasnya. Wines dengan kelas sekaliber ini hanya layak dihasilkan dengan usaha khusus karena diperlukan keahlian dan kualitas bahan untuk menemukannya dan terbukti merupakan produk terbaik dalam kategori mereka “. Penghargaan Winery of the Year hanya diberikan kepada winery yang paling konsisten dalam memberikan keunggulan dalam rasa dan keseimbangan keseluruhan proses pembuatannya untuk produk-produk anggur. Asian Wine Review diterbitkan oleh The Flying Winemaker dari Hong Kong dan dinilai oleh para ahli lapangan dalam mencicipi wines secara acak tanpa diketahui jenis labelnya. Pada tahun 2017, lebih dari 300 jenis wines dari lebih 100 winery di 9 negara di Asia dinilai, membuat ulasan ini menjadi himbauan yang patut dicatat untuk perkembangan perusahaan wines di Asia.

Produk – produk hatten Wines meliputi antara lain : semi-dry Hatten WinesRosé, dry white Aga White, light red Aga Red dan salah satu yang selalu menerima penghargaan Hatten Wines Alexandria. Sparkling Brut -Tunjung and Sparkling Rosé -Jepun, dimana kedua nama tersebut diambil dari nama salah satu bunga yang indah dari Bali. Dan juga Fortified Wines yang dibuat dengan metode yang sama seperti pembuatan wines Pineau des Charentes yaitu Pino de Bali.

Dibeberapa tahun terakhir, tepatnya dimulai sejak tahun 2007, Hatten Wines juga melebarkan sayapnya dengan memperkenalkan anggur Australia ke Bali melalui import anggur tersebut ke Bali dan melakukan proses pembuatan winesnya di Bali. Dengan nama label TWO Islands yang diangkat dengan mengenang hubungan antara Bali dengan Australia, jenis kategori wines ini menawarkan wines dengan karakteristik khusus rasa anggur Australia . Untuk label ini kami memiliki beberapa jenis produk yaitu : Chardonnay, dry-Riesling, Shiraz Cabernet Merlot. Pada Tahun 2014 kami menambahkan lagi jenis kategori produk dalam label ini yaitu : Pinot Grigio, Sauvignon Blanc and Pinot Noir . Kesemua jenisnya ini telah tersebar luas diberbagai hotel, restaurant dan retail outlet dihampir seluruh wilayah Indonesia.

Diluncurkan pada tahun 2016, kami menambahkan empat jenis kategori wines lagi bergabung dengan portofolio perusahaan, dengan label: Two Islands Reserve. Wines Premium pertama di Indonesia, Shiraz dari anggur daerah Barossa, Chardonnay dari anggur daerah Adelaide Hills, Cabernet Sauvignon dari anggur daerah Coonawara dan Sparkling Pinot Noir Chardonnay, dengan Méthode Traditionelle Brut dari anggur Adelaide Hills, kesemua bahan bakunya berasal dari daerah terbaik penghasil anggur di wilayah Australia Selatan, diambil khusus dari perkebunan tunggal di masing-masing area, dengan proses pembatan dan proses aging yang lebih lama didalam barrel dengan kayu oak Prancis, dan melalui proses pembauatan atas seleksi barrel dengan kualitas grade A.

Hatten Wines juga menerima kunjungan para tourists dan tamu untuk dating ke perkebunannya yang telah dilengkapi dengan fasilitas Welcome Center and Observation Deck. Menjadi salah satu alternative kunjungan wisata, mengunjungi kebun-kebun anggur local Bali, kebun yang kami miliki sendiri , menikmati wines pemenang penghargaan dan sekaligus dapat menikmati keindahan Pantai Utara Bali. Selamat menikmati Hatten Wines! (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.