Home News Lulus Pelatihan Sertifikasi Mediator, Sonny  Siap Selesaikan Masalah Lewat Mediasi

Lulus Pelatihan Sertifikasi Mediator, Sonny  Siap Selesaikan Masalah Lewat Mediasi

by Igo Kleden

DENPASAR|PARADISO.CO.ID – Fotografer Kantor Berita Prancis AFP (Agence France Presse)   Sonny Tumbelaka yang kini juga berprofesi sebagai pengacara berhasil lulus dalam Pelatihan Sertifikasi Mediator Angkatan XVIII yang diselenggarakan oleh Justitia Training Center.

Sonny Tumbelaka mengikuti Pelatihan Sertifikasi Mediator Angkatan XVIII dari 14 – 18 Juli 2021. Pelatihan Sertifikasi Mediator diselenggarakan oleh Justitia Training Center yang merupakan Lembaga Sertifikasi Mediator terakreditasi Mahkamah Agung berdasarkan SK Ketua Mahkamah Agung Nomor 151/KMA/SK/VI/2020.

Bagi Sonny pelatihan sertifikasi sebagai Mediator adalah sangat penting untuk diikuti oleh seseorang yang mempelajari ilmu hukum, walaupun pelatihan sertifikasi Mediator itu tidak dikhususkan hanya disiplin ilmu hukum saja.

“Memang untuk mengikuti pelatihan sertifikasi Mediator dapat diikuti oleh semua disiplin ilmu, bukan hanya ilmu hukum saja, tapi bagi saya penguasaan ilmu hukum membuat kemudahan tersendiri bagi seorang Mediator untuk melakukan mediasi bagi para pihak yang bermasalah,”jelasnya kepada Media Paradiso.co.id

“Pada prinsipnya proses mediasi dilakukan dengan cara penyelesaian sengketa melalui perundingan untuk memperoleh kesepakatan para pihak dengan dibantu oleh Mediator,” imbuh fotojurnalis dari AFP.

Adapun yang perlu diperhatikan bagi seorang Mediator adalah menjaga sikap agar netral tidak memihak antara kedua belah pihak yang sedang dimediasi, hal tersebut diatur dalam PERMA Nomor 1 Tahun 2016.

Sonny menambahkan, ada yang menarik dalam mengikuti proses pelatihan dan sertifikasi Mediator di Justitia Training Center, yang mana penerapan kurikulum dilakukan secara profesional dengan menggabungkan teori-teori hukum dan praktek. Tujuannya, agar para peserta memahami secara mendalam penerapan teori-teori yang diajarkan untuk memberikan kemampuan bagi peserta dalam memahami persoalan hukum sekaligus menemukan solusi yang baik dalam melakukan proses praktik mediasi.

Baca Juga:   THE HAVEN SUITES Bali Berawa Rayakan Anniversary ke-5

“Saya sangat senang bisa mengikuti dan lulus ujian sertifikasi sebagai seorang Mediator, dengan demikian saya siap menjadi Mediator untuk menyelesaikan masalah lewat mediasi,”pungkas mantan guide bahasa Jerman ini semangat.

Karena itu, dengan berhasilnya lulus Pelatihan Sertifikasi Mediator angkatan XVIII yang diselenggarakan oleh Justitia Training Center, otomatis mendapat gelar tambahan C.Med (Certified Mediator).

Sonny, selain dikenal menekuni bidang jurnalistik, juga mendalami psikologi dan bidang hukum serta aktif melakukan pendampingan hukum sebagai advokat.***

Editor – Igo Kleden

Berita Terkait