NTT ‘Gass poll’ di WTM London 2019

London (Paradiso) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk pertama kalinya mengambil bagian dalam perhelatan World Travel Market (WTM) ke- 40 di London, Inggris. WTM yang berlangsung 4-6 November 2019 tersebut merupakan salah satu pameran industri perjalanan pariwisata terbesar yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya di London, Inggris.

WTM dijadikan oleh Pemerintah Provinsi NTT sebagai sarana untuk menyediakan informasi sekaligus ajang promosi pariwisata NTT yang kaya akan aneka ragam budaya, keindahan alam serta masyarakat yang ramah dan unik.

Gubernur NTT, Viktor B Laiskodat yang telah mencanangkan pariwisata sebagai leading sektor pergerakan ekonomi di NTT hadir secara langsung dan melakukan promosi tentang keunggulan pariwisata NTT. Turut menyertai Gubernur NTT diantaranya Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTT, Rocky Pekudjawang, serta sejumlah stakeholder pariwisata NTT termasuk Ketua ASITA NTT, Abed Frans. Gubernur NTT menegaskan bahwa dalam pameran kali ini Komodo tetap menjadi branding utama pariwisata NTT di ajang WTM London 2019. Keberadaan Komodo sebagai hewan endemik dunia selama ini selalu menjadi daya tarik utama bagi pariwisata NTT untuk mendatangkan wisatawan baik lokal, domestik maupun mancanegara dan memberi pesona tersendiri dengan latar belakang habitat alamnya yang orisinil.

“Ini sekaligus menjadi momentum kita untuk menjelaskan kepada dunia bahwa Pulau Komodo di Taman Nasional Komodo tetap dibuka untuk wisatawan tahun 2020, lalu ada Pulau Rinca yang juga telah disiapkan Pemerintah Pusat sebagai atraksi melihat Komodo. Ke depan, Pemerintah Propinsi NTT dan Pemerintah Pusat akan melakukan pengaturan dan pengelolaan secara bersama untuk memastikan keberlangsungan dari Taman Nasional Komodo secara keseluruhan yang merupakan Situs Warisan Dunia,” tegas Viktor.

Presiden Jokowi sendiri sudah menegaskan menjadikan Labuan Bajo sebagai Destinasi Wisata Premium. Ini menjadi semangat kami untuk turut serta dalam ajang WTM London 2019, ucap Viktor.

Sementara itu Ketua BPPD NTT, Rocky Pekudjawang mengatakan Nusa Tenggara Timur sebagai ‘Ring of Beauty’ menawarkan beragam pengalaman terbaik mulai dari Taman Nasional Komodo dengan kehidupan purbanya, Kelimutu dengan danau tiga warnanya, Kepulauan Alor dengan kecantikan alam laut dan budayanya, Liang Bua dengan Homo Floresiensis sebagai penggalan penting dari sejarah umat manusia, Sumba dengan savana dan kampung adatnya, Sabu dengan tebing warna-warni, serta Timor dengan berbagai keragaman etnis dan kearifan lokal yang mengagumkan.

Pemerintah Provinsi NTT berkomitmen untuk terus mendorong sektor pariwisata dengan menyiapkan atraksi, aksesibilitas, dan amenitas bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Dalam pengembangannya, tentunya, Labuan Bajo memang tetap jadi destinasi populer karena keberadaan Komodo dan Pulau Padarnya.

Bagi Rocky yang saban tahun mengikuti WTM London mengungkapkan WTM London 2019 merupakan salah satu ajang yang sangat potensial bagi pariwisata NTT. Karena ajang tersebut bisa menjadi tempat bagi calon wisatawan untuk mengenal lebih dekat potensi wisata NTT. Pria asal Sumba ini pun berharap usai pergelaran WTM, jumlah wisatawan yang datang ke NTT bisa meningkat dan nama NTT makin mendunia di pasar pariwisata.

Seperti dicatat oleh Badan Pusat Statistik setidaknya ada 2 juta pengunjung yang datang dari Eropa ke Indonesia tahun 2018, dengan Bali sebagai tujuan wisata utama. Walau demikian, data statistik juga menyebutkan kunjungan wisatawan mulai bergerak ke destinasi wisata lain di Indonesia termasuk NTT.

Untuk pasar wisatawan Inggris angka kunjungan mencapai 391,820 kunjungan di tahun 2018 atau naik 3,62% dari tahun 2017 yang hanya berjumlah 378,131 pengunjung. Dan di tahun 2019 diprediksi wisatawan Inggris akan mengalami peningkatan berkunjung ke Indonesia hingga 487,800 orang. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.