Pangdam Udayana: 5000 Anakan Mangrove Hijaukan Pesisir Utara Pelabuhan Benoa

Denpasar (Paradiso) – Memperingati HUT ke-74 TNI, Pangdam Udayana bersama Gubernur Bali bersama masyarakat melakukan penanaman lebih dari 5000 anakan mangrove di area Pelabuhan Benoa Bali, Senin, 7 Oktober 2019. Selain anggota TNI dari Kodam IX Udayana, juga hadir anggota Brimob Polda Bali juga para relawan peduli mangrov Bali.

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mengatakan, penanaman ribuan mangrov merupakan implementasi dari pembinaan teritorial dan pembinaan dari potensi maritim yang adalah bagian dari tugas pokok TNI. “Saat ini, penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air sudah tidak bisa ditunda lagi. Sebab dampak kerusakan lingkungan akibat perubahan iklim, ulah manusia sudah di depan mata,” ujarnya.

Menurut Pangdam, mangrov sangat berperan penting dalam menahan abrasi, melestarikan vegetasi pesisir dan kesejukan alam lainnya. “Kawasan Benoa Bali harus dijaga kelestariannya. Jika tidak, maka cepat atau lambat namun pasti, tanah pesisir akan semakin terkikis dan kerusakan kawasan pesisir akan terus terjadi,” ujarnya. Penanaman Mangrove dengan tema “Mari Selamatkan Bumi untuk Anak Cucu Kita” dilakukan secara serentak untuk memecahkan rekor Muri. Sebanyak 344.000 bibit Mangrove ditanam secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka HUT TNI ke-74. Untuk di Bali, ada sekitar 5 ribu anakan mangrov ditanam.

Dalam kegiatan ini, Pangdam IX/ Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, menyampaikan harapannya ingin mengajak kepada seluruh personel TNI-Polri serta elemen masyarakat, termasuk juga pada instansi-instansi pendidikan, untuk lebih mencintai lingkungan. Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Jangan sampai semakin lama alam ini semakin rusak yang disebabkan karena kurang sadarnya masyarakat atau manusia dalam menjaga lingkungannya. Dalam kegiatan tersebut, salah satu peserta dari Brimob Polda Bali, Iptu Gede Semarabawa mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh TNI ini. Penanaman pohon Mangrove manfaatnya akan dirasakan di kemudian hari. “Selain memupuk rasa kebersamaan dan menjaga sinergitas TNI- Polri, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan Mangrove yang berguna untuk melindungi kawasan pantai dan menjaga ekosistem disekitarnya,” kata Iptu Gede Semarabawa. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.