Pesona Pantai Teluk Ujung di Kawasan TWA Gunung Tunak, Diapit Tebing dan Goa, Jadi Spot Foto Terbaik

LOMBOK – Pesona pantai di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak Desa Mertak tidak kalah dengan pantai lainnya di Selatan Pulau Lombok. Salah satunya Pantai Teluk Ujung. Pantai ini masih sangat alami dan mulai banyak dikunjungi wisatawan.

TIDAK banyak yang tahu keberadaan Pantai Teluk Ujung. Termasuk masyarakat Lombok Tengah sekalipun. Sebab, ketika berbicara TWA Gunung Tunak, yang terbersit hanyalah Pantai Bilesayak, Laguna Indah Sari Goang atau penangkaran hewan. Namun siapa sangka jika di kawasan itu masih tersimpan surga yang tersembunyi bagi para traveler.
Pantai ini diapit dua tebing menjulang tinggi di bagian timur dan barat. Inilah yang menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai ini.
Untuk mengunjungi destinasi wisata ini, tidaklah sulit. Ketika memasuki kawasan TWA Gunung Tunak, kemudian menemukan tempat penangkaran kupu-kupu di dalamnya, pengunjung tinggal meneruskan perjalanan dengan mengikuti jalan di sebelah kanannya. Dari tempat ini, Pantai Teluk Ujung hanya berjarak 1.700 meter. Meski rutenya cukup menantang, namun rasa lelah itu akan terbayar sesampainya di sana. Sebab, selain pemandangannya yang sangat eksotik, terdapat pula hutan belantara dengan ragam binatang jinak yang akan anda jumpai. Terlebih lagi, jika sudah memasuki kawasan pantai tersebut. Rasa penat dan penasaran akan terobati.


“Ketika siang hari, pasirnya juga akan tampak berwarna orange karena pantulan sinar matahari. Fenomena ini pun menjadi daya tarik tersendiri. Air lautnya juga biru, jernih dan bersih,” ungkap Jumadil, salah satu pengunjung asal Praya Timur.
Keindahan lainnya, di pantai juga terdapat pulau kecil di bagian selatan. Selain itu, ketika air laut surut, pengunjung dapat melihat spot wisata lainnya yakni Goa Terasak. Letaknya di tebing sebelah barat pantai. Jika dilihat sepintas, goa tersebut hanya dipenuhi kelelawar dari berbagai macam spesies. Konon ceritanya, lobang goa tersebut menembus dan memanjang hingga bukit di bagian atasnya.
“Makanya lokasi ini sangat pas buat photo hunting, swimming dan sun bathing,” ujar Manager Unit Pengelola TWA Gunung Tunak, Lalu Sandika Irwan. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.