RedDoorz Luncurkan “Hope Hotline”: Program Kesehatan Mental dan Psikologis untuk Karyawan, Mitra Hotel dan Industri

  • Perusahaan terus memperluas kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) “Red Heroes”dengan memperkenalkan “Hope Hotline”, program layanan kesehatan mental terbaru untuk membantu karyawan, mitra hotel dan para karyawannya untuk mengelola stres emosional dan psikologis yang disebabkan oleh COVID-19.
  • “Hope Hotline” tersedia untuk layanan di Indonesia, Singapura, dan Filipina.

Paradiso.co.id|Jakarta – RedDoorz, manajemen dan platform pemesanan hotel terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran “Hope Hotline” sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di regional. Program terbaru ini menyoroti berbagai permasalahan psikologis yang muncul terkait dengan merebaknya COVID-19 dan berguna untuk memberikan dukungan terhadap kesehatan mental para karyawan, yaitu mitra hotel dan para staf dengan menyediakan layanan sesi konseling secara online melalui mitra RedDoorz yang menyediakan konselor dan psikolog berpengalaman.

Pandemik ini membuat masyarakat melakukan banyak penyesuaian baru, di antaranya dengan adanya larangan bepergian dan berbagai perubahan yang mempengaruhi kebiasaan hidup masyarakat, di mana turut menimbulkan perasaan takut, khawatir, cemas dan stres yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Berdasarkan salah satu studi yang dilakukan di Tiongkok selama pandemi COVID-19, 53.8% responden merasakan dampak psikologis yang menengah hingga berat[1]. Selain itu, riset Qualtrics terhadap lebih dari 2000 karyawan, termasuk di Singapura, memperlihatkan bahwa para karyawan merasakan menurunnya kesehatan mental sejak maraknya penyebaran COVID-19[2].

“Pandemik yang berkelanjutan ini menyebabkan dampak yang besar terhadap ekonomi, sistem kesehatan dan tingkatan stres pada masyarakat. Terbatasnya mobilitas dan tidak menentunya keadaan yang diakibatkan oleh pandemik ini, menyebabkan banyak dari kita yang merasakan emosi yang negatif dan tidak stabil yang berpengaruh pada kesehatan mental. Hal ini terutama sangat dirasakan oleh karyawan yang bekerja di industri perjalanan dan hospitality, di mana banyak karyawan yang terkena dampak langsung merasakan stres karena pandemik ini telah menyebabkan gangguan besar terhadap bisnis dan mata pencaharian masyarakat. Melalui “Hope Hotline”, kami berdiri dalam solidaritas terhadap karyawan kami dan mitra hotel, juga ingin memainkan peran aktif untuk membantu mereka melewati keadaan ini dengan lebih mudah. Kami berharap sesi konseling yang disediakan dapat memberikan bantuan dan dapat memberikan perasaan positif dan optimisme.”, jelas Amit Saberwal, Pendiri dan CEO, RedDoorz

Terkait dengan adanya pembatasan mobilitas, RedDoorz menjalin kerja sama dengan konselor dan psikolog bersertifikat di kawasan Asia Tenggara untuk memberikan layanan konseling secara gratis melalui online platform untuk seluruh karyawan RedDoorz dan mitra hotel. Khusus untuk layanan di Indonesia, RedDoorz bermitra dengan KALM, platform kesehatan mental online yang berbasis di Jakarta. Di Filipina, RedDoorz bekerja sama dengan para psikolog individual untuk memberikan layanan serupa.

Lukas Limanjaya, salah satu Co-Founder KALM mengatakan, “Kami sangat senang dapat menyediakan layanan konseling online bagi para karyawan dan partner RedDoorz Indonesia, demi mendukung kesehatan mental mereka. Seperti yang kita ketahui, seluruh dunia saat ini sedang menghadapi sebuah pengalaman yang traumatis karena adanya pandemik Covid-19, di mana hal ini tidak hanya berdampak pada penderita, namun juga mengganggu kesehatan mental semua orang secara umum. Ini sebabnya KALM menghargai upaya RedDoorz untuk memperhatikan kesejahteraan mental para karyawannya. Kami berharap perusahaan-perusahaan yang lain pun akan mengikuti langkah pionir yang dilakukan oleh RedDoorz, karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita”.

Sebagai bagian dari program “Hope Hotline”, RedDoorz juga mengadakan webinar tambahan yang ditujukan untuk para profesional di industri perjalanan dan hospitality pada minggu akhir di bulan Mei. Webinar ini akan mengajak serta konselor bersertifikasi dan psikolog yang akan berbagi informasi terkait keahlian dan tips yang diperlukan untuk mengatasi stres yang dihadapi sehari-hari di periode yang sulit seperti saat ini. Webinar ini dapat diikuti dengan mendaftarkan di:  https://bit.ly/RDHopeHotline (*go)

Igo Kleden

Igo Kleden

I am journalist...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *