ROTARY ‘BALI GO GREEN’ Tanam 5000 Pohon di Banjar Palak Sukawati

PARADISO.CO.ID|SUKAWATI – Usai sukses dengan berbagai kegiatan sosial besar lainnya, kini Rotary Clubs mulai menfokuskan diri juga pada kegiatan pelestarian lingkungan. Sebagai organisasi pengabdian sosial terbesar di dunia, Rotary sangat perduli terhadap lingkungan.

Bahkan upaya MENDUKUNG LINGKUNGAN sekarang ini sudah menjadi FOKUS AREA di Rotary setelah AIR BESRSIH, KESEHATAN IBU dan ANAK, PENCEGAHAN PENYAKIT, MENDUKUNG PERDAMAIAN, PENDIDIKAN DASAR, dan MENGEMBANGKAN EKONOMI LOKAL.

Dengan Jumlah anggota Rotary di seluruh Dunia mencapai 1 Juta orang dan di Bali sendiri ada 18 Rotary Clubs, makan Rotary sangat yakin akan mampu mendukung upaya pelestarian lingkungan.

PENANAMAN POHON adalah signature proyek dari RC Bali Benoa

Seperti diketahui setiap Club dipimpin oleh Club President yang mempunyai signature proyek masing – masing. Pimpinan Rotary di District disebut dengan District Governor, yang sekarang dijabat oleh District Governor I NYOMAN SUASTIKA dari Bali. Di setiap daerah Solo, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali ada Deputy District Governor yang membantu melaksanakan tugas – tugas DF dan di Bali dipegang oleh DDG Agung Purnamawati.

Upaya pelestarian lingkungan kali ini adalah pada Minggu, 26 Juli 2020 dengan penanaman pohon. PENANAMAN POHON adalah signature proyek dari RC Bali Benoa yang bekerja sama dengan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung ( BPDASHL ) UNDA ANYAR. Rotary Club Bali Benoa sudah melakukan proyek penghijauan di beberapa tempat di area Bali.
Proyek Penghijauan kali ini merupakan kerja sama 18 Rotary Clubs di Area Bali dengan Banjar PALAK SUKAWATI dan Komunitas Pecinta Lingkungan dengan melakukan penanaman 10.000 pohon. Untuk tahap pertama akan ditanam sebanyak 5.000 pohon. Bibit pohon ini adalah bantuan dari BPDASHL UNDA ANYAR dibawah pimpiin Ibu Dr. Ir. TITIK WURDANINGSIH, M, Si.

Pimpinan BPDASHL UNDA ANYAR , TITIK WURDANINGSIH sangat mengapreasiasi kegiatan penanaman pohon ini. BPDASHL UNDA ANYAR melakukan kegiatan pembibitan dan membagikan bibit kepada masyarakat untuk ditanam. Kerja sama dengan Ibu Wanda dari Rotary sudah beberapa kali dilakukan dan di masa yang akan datang akan tetap dilakukan kerja sama yang baik sehingga Bali akan semakin hijau. Bibit yang diberikan secara gratis ini agar dirawat dengan baik, disiram, dan diberi pupuk demi kepentingan masyarakat sendiri.

District Governor I NYOMAN SUASTIKA dalam sambutan sangat mengapreasiasi kerja sama dengan BPDASHL UNDA ANYAR dan juga Banjar Palak sehingga kegiatan penanaman pohon ini dapat dilakukan. Kepala Desa Sukawati juga menyambut baik kegiatan ini dan berharap di masa depan akan dilakukan kegiatan penanaman pohon di tempat lain di Desa Sukawati

Misi Rotary menghijaukan Bali dengan penanaman pohon adalah untuk memberikan lingkungan yang hijau, rindang, dan sehat untuk keluarga sera anak dan cucu kita. Pohon yang ditanam kali ini terdiri dari mangga, jambu kristal, durian, sawo kecik, mahoni, cendana dan sirsak yang merupakan pohon produktif.

Perhatian seluruh Kelian Adat dan pimpinan serta masyarakat Banjar Palak terhadap lingkungan luar biasa. Semoga ditiru oleh masyarakat di daerah lain sehingga dengan proyek penanaman pohon yang dilakukan secara rutin dan terus – menerus, Bali akan semakin hijau dan anak cucu kita akan hidup dalam lingkungan yang lebih baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian pohon secara simbolis dan penanaman pohon bersama – sama. ***

Editor – Igo Kleden

Igo Kleden

Igo Kleden

I am journalist...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *