Saat ini, Seluruh Komponen Pariwisata Bali Sepakat Fokus pada Penanggulangan COVID-19

DENPASAR (Paradiso) – Seluruh komponen Pariwisata Bali baik hotel, restaurant, travel agent, maupun komponen pariwisata lainnya saat ini memfokuskan diri untuk ikut terlibat dalam penanganan COVID-19. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa pada saat menghadiri penyerahan bantuan Program “Gerakan Masker Bersama” oleh International Hotel General Manager Association kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di kantor BPBD Provinsi Bali, Senin (20/4).

“Saat ini Pemerintah Provinsi Bali bersama stakeholder Pariwisata yang ada di Bali masih berfokus untuk menangani pandemi Covid-19 di Pulau Dewata. Upaya untuk melakukan pemulihan pariwisata dengan mendatangkan wisatawan ke Pulau Dewata akan dilakukan kalau pandemi sudah berakhir,”tegas mantan kepala Bappeda Provinsi Bali itu.

Pemprov Bali tidak menjanjikan akan mendatangkan wisatawan di Bulan Mei atau Juni, karena hal itu tidak mungkin akan dilaksanakan mengingat kondisi saat ini belum kondusif, tambahnya.

Kalau Covid-19 ini berakhir, baru akan dilaksanakan program-program pemulihan untuk mengembalikan kondisi Pariwisata Bali seperti sedia kala dan kalau bisa lebih bagus dari sebelumnya. Oleh karena itu dirinya berharap Covid-19 benar-benar segera berakhir dan perekonomian masyarakat kembali bisa pulih. Sesuai dengan instruksi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, dirinya meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin menerapkan physical distancing sehingga tidak ada lagi kasus dengan transmisi lokal di Bali, pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua PHRI Kabupaten Badung IGAN Rai Surya Wijaya, bahwa saat ini semua kekuatan Pariwisata Bali fokus ke penanganan Dampak Covid-19, tidak ada rencana mendatangkan wisatawan. Semua masih bergulat untuk mempercepat penanggulangan COVID-19 ini. “Kita akan berupaya semaksimal kemampuan kita untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bali, oleh sebab itu mari bersama-sama bergotong- royong dan fokus pada himbauan Pemerintah Provinsi Bali,” tegas Rai.

Sementara Ketua IHGMA Bali I Nyoman Astama menyampaikan bahwa penyerahan bantuan ini adalah dalam rangka rangkaian Aniversary IHGMA DPD Bali yang ke- 4 dengan program “Gerakan Masker Bersama, Saya Melindungai Anda, Anda Melindungi Saya” untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bali. Jumlah bantuan yang diserahkan adalah APD berupa Masker kain sebanyak 6.918 biji, APD tutup kepala 10 box, APD sarung Tangan 70 box, vitamin 5000 pcs, dengan total sumbangan sebesar Rp. 79.130.000. (*go/humasprovbali)

Igo Kleden

I am journalist...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *