Home ekraft Sandiaga Uno: Ekonomi Kreatif, Kekuatan Masa Depan Indonesia

Sandiaga Uno: Ekonomi Kreatif, Kekuatan Masa Depan Indonesia

by Bowo

Jakarta (Paradiso) – Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan salah satu program persembahan Kemenparekraf RI sebagai sebuah wadah kreasi untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar bisa mengankat kembali potensi, semangat, dan pendapatan dari pelaku di industri kreatif, mengangkat tema “Produk Indonesia Untuk Ekonomi Kuat”. Rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 akan dimulai pada tanggal 28 Mei 2021 sampai dengan tanggal 4 Desember 2021.

Mengawali program Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyenggarakan acara bertajuk “Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021” dengan tema ‘Produk Indonesia Untuk Ekonomi Kuat’.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan dengan adanya ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 diharapkan dapat memberi kesempatan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan dengan pelatihan kewirausahaan dan mentoring sehingga bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan pelaku di industri kreatif khususnya di subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, aplikasi, permainan, film, dan animasi yang jatuh karena efek pandemi covid-19.

“Diharapkan nantinya dapat meningkatkan daya saing, menghasilkan produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif baik skala nasional maupun internasional, meneguhkan Ekonomi Kreatif sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia, serta dapat mewujudkan kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi covid-19”, ungkap Sandiaga Uno saat Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (28/05/2021).

Baca Juga:   Kemenparekraf Ajak Para Penulis Berkarya Dari Rumah

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan Sebuah acara yang menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream dan diisi dengan atraksi budaya serta penampilan musik yang di kemas secara modern dan akan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Sandiaga Uno ditengah para pelaku ekraf.

Acara launching ini dipandu host kenamaan Indonesia Nycta Gina dan Beddu, serta penampilan dari beberapa penyanyi terbaik Indonesia yaitu Naura, Novia Bachmid, dan Fitri Karlina. Selain kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno acara ini juga dihadiri para pesohor, seperti Magdalena Fridawati (Youtuber &Influencer), Chef Norman Ismail,bNilam Sari Setiono (Founder Kebab Baba Rafi)
Subsektor Musik, Ivan Nestorman, Viky Sianipar dan Anusirwan.

Selain itu para pelaku fashion dan kriya juga hadir di acara ini, seperti Andani Agni Putri (Founder Nona.ID), Yasa Paramita Singgih (Founder Mens Republic), Agus T Santosa (Founder Apikmen), Christanto (Founder Braowgoods), Sita Fitriana (Founder Djalin)
Subsektor Film, Lola Amaria (Aktris & Sutradara), Tya Subiakto (Perwakilan Indonesia Motion Picture And Audio Association).

Juga undangan perwakilan dari Subsektor Digital Animasi Aplikasi, Yuda Wirafianto (Animasi Nusa Rara), Robby Pratama (Animasi Super Neli) dan Clara Kartika Sari Utoyo (Gamers).

Acara juga dihadiri Sekretaris kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; dan Hendri Perwakilan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur. Juga tidak lupa perwakilan dari Asosiasi Games dan musik turut meramaikan acara ini.

Baca Juga:   Kampanye #BanggaBuatanIndonesia Dorong Naiknya Permintaan Produk Lokal

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui fasilitasi inkubasi dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan, yang akan di selenggarakan pada 9 provinsi/regional yang terdiri dari 20 kota/kabupaten ditiap provinsi diseluruh Indonesia yaitu Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Semarang, Surakarta, Wonosobo, Jepara, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Blitar, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, dan Balikpapan.

Rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 dimulai dengan kegiatan launching yang dilakukan pada hari ini tanggal 28 Mei 2021, kemudian akan dilanjutkan dengan proses registrasi melalui website resmi www.apresiasikreasiindonesia.com dimana para peserta yang memenuhi syarat akan dikurasi menjadi 20 peserta per masing-masing kota untuk mengikuti pameran dan inkubasi.

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 berupa Inkubasi pelatihan kewirausahaan dan mentoring yang meliputi materi; bisnis model, hak kekayaan intelektual, digital promotion, perencanaan keuangan dan investasi, kreativitas, dan membuat bisnis untuk kategori yang telah ditentukan, pameran/showcase produk pelaku kreatif, Creative Talkshow yang akan dikemas dalam talkshow kreatif, dan workshop dimana peserta dapat hadir secara luring dan daring melalui platform digital, Festival Film, Music Live Performance dan dengan acara puncaknya yaitu Pekan Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021.

Proses Pelaksanaan kegiatan tersebut akan dilaksanakan sebagai berikut, launching digelar pada 28 Mei 202, proses registrasi pada 29 Mei 2021 – 29 Juli 2021, prose Kurasi pada 5 Juli 2021 – 9 Juli 2021, Techincal Meeting 12 Juli 2021 – 16 Juli 2021 (Online), Event digelar 4 Agustus – 4 Desember 2021, Pekan Apresiasi pada 7 Desember 2021 (*)

Baca Juga:   Mandalika Gelar MHA Open 2020 Surfing Competition

#kreasiindonesia
#masadepanindonesia
#AKI2021
#banggabuatanindonesia

Berita Terkait