Sidang Putusan Menolak Gugatan Penggugat, Raymond : Secara Hukum, Jual Beli Batal Demi Hukum

PARADISO.CO.ID I DENPASAR – Hakim Pengadilan Negeri Denpasar dalam sidang putusan perkara PMH (Perbuatan Melawan Hukum) dengan nomor perkara 180/Pdt.G/2020/PN.Dps menolak gugatan Penggugat tanggal 27 Januari 2021.

Hakim yang diketuai oleh Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi,.SH,.MH dalam amar putusan yang dibacakan menyebutkan menolak gugatan penggugat, dan mengabulkan eksepsi Tergugat II,III,IV dan V,”jelasnya

Karena itu, I Wayan Rumpiak sebagai Tegugat II, I Wayan Satih sebagai Tergugat III, I Made Landa sebagai Tergugat IV, dan I Made Ramia sebagai Tergugat V.

Melalui kuasa hukum Tergugat Raymond Simamora,SH dalam penjelasannya mengatakan merasa puas dengan sidang putusan tersebut, dengan kata lain tergugat II,III,IVdan V menang dalam perkara ini,”jelasnya

Sementara, yang menjadi pertimbangan majelis hakim dalam amar putusannya, bahwa perkara ini adalah perkara yang sama obyeknya dengan perkara yang diputus oleh Pengadilan Negeri Gianyar, dan juga putusan Pengadilan Tinggi Denpasar, serta putusan Kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia, oleh karena itu gugatan Penggugat ditolak, dan mengabulkan eksepsi Tergugat,”tegas Pengacara lulusan Fakultas Hukum Universitas Udayana Denpasar.

Dengan demikian, obyek tanah seluas 50 are di Jimbaran Kuta Selatan, yang diperkarakan oleh Penggugat Ester Sukmawati, tidak berhak terhadap tanah tersebut.

Dalam eksepsi Tergugat menyebutkan bahwa para Tergugat membantah dan menolak secara keseluruhan dalil-dalil yang menyatakan, karena sudah menang di Pengadilan Negeri Gianyar dalam perkara nomor: 10/Pdt.G/2018/PN Gin tanggal 6 November 2018  yang diputus dengan putusan Verstek.

Maka, gugatan Pengggugat dikabulkan oleh Pengadilan Negeri Gianyar pada  tanggal 6 November 2018, dan putusan Vestek tersebut telah dikuatkan oleh putusan Verzet dengan  nomor: 10/Pdt.Plw/2018/PN Gin tanggal 09 Oktober 2019.

Dan  juga, telah dikuatkan pula oleh Pengadilan Tinggi Denpasar dengan perkara nomor: 213/Pdt/2019/PT Dps yang diputus pada tanggal 31 Januari 2020.

Sehingga gugatan ini adalah patut untuk ditolak dan harus dinyatakan gugatan Penggugat tidak memenuhi syarat formil suatu gugatan, dan harus dinyatakan tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijk Verklaard/NO).

Karena itu, Raymond menegaskan bahwa, secara hukum jual beli yang dilakukan oleh Ester Sukmawati selaku Penggugat dalam perkara ini, batal demi hukum.***

Penulis – Bene I Editor – Sonny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *