Sido Muncul Kembangkan Desa Wisata Buah

Jakarta (Paradiso) – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang menggandeng Kementerian Pertanian mengembangkan desa wisata buah di dua wilayah di Kabupaten Semarang guna menarik minat wisatawan sekaligus mengembangkan kewirausahaan.

Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan perusahaannya berencana memberikan bantuan bibit buah durian dan alpukat bagi warga sebagai modal awal mengembangkan desa wisata.

“Jumlah bibit dan dananya masih dihitung, yang pasti harus sesuai dengan kebutuhan. Hal ini merupakan usaha kami dalam membantu perekonomian masyarakat sekitar. Dua wilayah yang akan menjadi desa wisata buah ialah Diwak dan Bergas Kidul. Pemilihan dua wilayah tersebut karena memiliki struktur tanah yang cocok untuk tanaman buah, terutama durian dan alpukat,” ujarnya.

Dikataka, selain itu, dua desa tersebut terletak di sekitar pabrik Sido Muncul di Kabupaten Semarang, Jateng. Sebelumnya, Sido Muncul sudah mengembangkan desa rempah, termasuk di dua wilayah tersebut.

“Desa wisata buah memiliki peluang menarik minat wisatawan berkunjung. Pada akhirnya, masyarakat di dua desa tersebut akan terdorong menjadi entrepreneur dengan mengembangan potensi yang ada. Kami berharap desa wisata ini bisa seperti Taman Buah Mekar Sari,” katanya.

Ditambahkannya, tanaman buah kan cenderung disukai wisatawan. Nantinya, tanaman buah dan rempah bisa berdampingan,” katanya. Selain bantuan penyediaan bibit, Sido Muncul juga akan membina masyarakat agar bisa bertani buah dengan baik.

“Perseroan, akan mengajarkan bagaimana teknik penanaman hingga proses pascapanen durian agar hasil panen memenuhi standar di pasar. Sido Muncul dan Kementan bekerja sama memberikan pelatihan sumber daya manusia bagi gabungan kelompok tani. Bantuan lain bagi yang kami berikan ialah membuka akses pasar bagi produk hasil masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, Sido Muncul, katanya, memberikan kesempatan bagi pelaku usaha setempat memamerkan dan menjual produknya di kawasan agrowisata milik produsen obat herbal tersebut. Pabrik kami ini cukup sering dikunjungi, sehingga bisa menjadi ruang pamer yang efektif bagi pelaku usaha. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.