STP Bali Lakukan Pelatihan Kewirausahaan bagi 60 UKM di Labuan Bajo

Labuan Bajo (Paradiso) – Sebagai wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Program Magister Terapan (S2) STP Nusa Dua Bali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui pelatihan kewirausahaan kepada pelaku UKM di Labuan Bajo pada 25 September 2019 di Exotic Komodo Hotel, Labuan Bajo. 

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat, Augustinus Rinus, S.Pd. Dalam sambutannya Kadisparbud Manggarai Barat memaparkan potensi pariwisata Pulau Flores yang begitu luar biasa dan sangat menjanjikan terlebih dengan masuknya Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas yang mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata. 

Ketua Pelaksana, Dr. Irene Hanna H. Sihombing, SE, MM, dalam laporannya menjabarkan tujuan dari pelatihan kewirausahaan antara lain adalah untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UKM sektor pariwisata mengenai Community Based Tourism, pemahaman mengenai dasar-dasar kewirausahaan, membuat business plan, mengembangkan jiwa wirausaha pelaku UKM sektor pariwisata, serta memberikan pemahaman mengenai penjualan dan pemasaran digital. 

Terdapat 4 (empat) orang pemateri yaitu Dr. I Putu Utama, SE, MM yang juga merupakan Ketua Program Magister Terapan STP Nusa Dua Bali, Dr. I.A. Putri Widawati, SE, M.Si., Dr. Irene Hanna H. Sihombing, SE, MM dan Dr. Amirosa Ria Satiadji, SE, MM. Kegiatan pelatihan kewirausahaan diselenggarakan selama satu hari pada tanggal 25 September 2019 dan mengambil tempat di Exotic Komodo Hotel, Labuan Bajo. 

Para peserta yang berjumlah 60 orang merupakan pelaku UKM yang mendorong sektor pariwisata dari berbagai bidang seperti seperti penjual kerajinan tangan, pengelola penginapan, pengelola rumah makan, usaha home industry, serta usaha penyewaan transportasi darat dan laut. Pelatihan berjalan dengan baik dan lancar dan diikuti oleh setiap peserta dengan antusias sampai berakhirnya pelatihan. Tiap pemateri memberikan kesempatan kepada peserta untuk secara aktif berinteraksi dengan berdiskusi, berbagai permainan, dan sebagai output dari pelatihan kewirausahaan peserta pelatihan membuat business plan sederhana. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.