STP Bali Latih 60 Orang Keterampilan Dasar MICE dan Event di Labuan Bajo

Labuan Bajo (Paradiso) – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali melakukan Pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan menggelar pelatihan kepada 60 orang dari kalangan pelaku bisnis, Asita, PHRI, komunitas musik, pengelola desa wisata, vendor, biro perjalanan wisata, dan dinas pariwisata untuk siap menghelat MICE dan event di salah satu destinasi wisata prioritas ini.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Green Prundi, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menghadirkan narasumber dosen Program Studi Manajemen Konvensi dan Perhelatan Dr. Amirosa Ria Satiadji, SE., MM. dan Drs. Ketut Arjaya, Dipl. TM., MM.

Kegiatan berjudul “Pelatihan Keterampilan Dasar MICE dan Event bagi masyarakat di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat” ini dilaksanakan untuk menyukseskan program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengenai pengembangan destinasi pariwisata super prioritas. Labuan Bajo yang merupakan salah satu destinasi yang menjadi prioritas Kementerian Pariwisata dalam pengembangannya, salah satu programnya adalah pelatihan MICE dan Event.

Pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat, Augustinus Rinus, S.Pd. Dalam sambutannya, Kadisparbud Manggarai Barat memaparkan potensi MICE dan Event di Kabupaten Manggarai Barat yang cukup menjanjikan ke depan.

“Labuan Bajo sudah siap menjadi destinasi MICE dan Event dengan meningkatnya status Bandar Udara Komodo menjadi bandara internasional,” demikian kata Kadisparbud Augustinus Rinus, S.Pd di hadapan peserta.

Jumlah peserta sebanyak 60 orang dari kalangan pelaku bisnis, Asita, PHRI, komunitas musik, pengelola desa wisata, vendor, biro perjalanan wisata, dan dinas pariwisata. Peserta menyimak dengan penuh antusias pemaparan dari pemateri dan berdiskusi hangat sepanjang berlangsungnya acara.

Sementara itu, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bali yang diwakili oleh Ketua Program Studi Manajemen Konvensi dan Perhelatan, I Nengah Wirata, SE., M.Par menambahkan bahwa pelatihan yang diselenggarakan di Labuan Bajo untuk menindaklanjuti kerjasama antara pemerintah Manggarai Barat dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali melalui kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan keterampilan perencanaan MICE dan Event bagi masyarakat lokal serta akan dilanjutkan dengan program pendampingan. Output dari kegiatan ini diharapkan masyarakat lokal mampu merencanakan dan menyusun proposal event di desa wisata dan berbagai venue serta objek wisata di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.