Tour de Singkarak 2019: Jambi Ambil Bagian di Etape 7 dan Etape 8

Sumbar (Paradiso) – Pertama kalinya Tour de Singkarak (TdS) akan melewati dua provinsi sekaligus, yaitu Sumatera Barat dan Jambi. Mengambil tema Connecting Sumatera Tds 2019 akan diikuti 108 peserta dari 25 negara. Mereka siap berburu gelar di event yang akan diadakan mulai dari tgl 2-10 November 2019.

TdS 2019 akan melintasi 14 kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Ini merupakan terobosan baru bagi TdS yang merupakan ajang balap sepeda level two point two. “Tahun ini, kita conecting Sumatera. Provinsi Jambi ikut menjadi tuan rumah. Kedepan, bisa saja bertambah, karena Pekanbaru dan Muko-Muko juga minat,” kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Kabupaten Pariaman (1/11/2019).

Nasrul menambahkan, sejauh ini segala persiapan untuk terlaksananya TdS 2019 sudah disiapkan sebaik-baiknya termasuk infrastruktur penunjang lainnya.

Yang sedikit berbeda di TdS 2019 kali ini adalah keikut sertaan Provinsi Jambi. Di mana Jambi akan di lintasi pebalap pada etape 7 akan melewati Kabupaten Kerinci pada 8 November 2019 dan etape 8 akan melewati Kabupaten Sungaipenuh pada tanggal 9 November. 2019.

“Namanya tetap Tour de Singkarak, tetapi tetap meelwati Danau Singkarak. Walaupun banyak daerah yang berminat untuk bergabung,” jelas Nasrul.

Nasrul Abit menegaskan, kalau iven sport tourism Tour De Singkarak yang pada tahun ini sudah yang ke-11 diselenggarakan, tidak semata hanya sebagai ajang balap sepeda. Ada banyak nilai-nilai strategis yang hendak dicapai terutama dari sisi tourism, olah raga hingga ekonomi.

“Kita menjual UMKM dan pariwisata kita promosikan. Kita akan perkenalkan ke Eropa.
Manfaatnya kita mempromosikan daerah pariwisata, ekonomi kita juga akan meningkat. TdS ini bukan hanya menonton sepeda tp juga peningkatan Ekonomi,” ujar Nasrul

Dari sisi Sport Nasrul Abit menegaskan kalau Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga ingin memantapkan posisi Tour de Singkarak dalam kalender UCI sebagai event balap sepeda unggulan berkelas dunia, menyajikan perlombaan balap sepeda profesional sehingga dapat mendorong berkembangnya industri wisata berbasis olahraga terutama balap sepeda.

Etape pertama dimulai Sabtu pagi dari Kabupaten Pariaman menuju Tanah Datar. Start dari Pantai Gondoriah menuju Lembah Anai hingga finish di Istano Pagaruyung. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.