650 Paket Sembako Dibagi dalam Memperingati ‘Reuni 25 Tahun Akabri 1995’

PARADISO.CO.ID|DENPASAR – Pandemi Covid19 membuat banyak orang saling solider satu sama lain. Sebagai bentuk kepedulian atas keprihatinan bangsa yang saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19, sejumlah alumnus Akabri 1995 “Bima Cakti” yang kini bertugas di Bali menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial (baksos) kemanusiaan, berupa pembagian 650 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di jantung Kota Denpasar, tepatnya di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali “Brajra Sandhi”, Lapangan Puputan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Sabtu (18/7/2020).

Asintel Kasdam IX/Udayana Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, SIP, selaku juru bicara mewakili para alumnus Akabri 1995 yang kini bertugas di Bali menjelaskan, pelaksanaan kegiatan baksos ini dalam rangka memperingati reuni 25 tahun pengabdian Akabri 1995. Kegiatan reuni ini biasanya dilaksanakan secara terpusat di Magelang, Jawa Tengah, namun akibat pandemi Covid-19, maka pelaksanaan reuni dilakukan secara tersebar di masing-masing daerah.

“Khusus di Bali, kegiatan bakti sosial berupa pembagian 650 paket sembako sebagian diserahkan secara simbolis dan sisanya dilakukan secara “door to door” dengan melibatkan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujar mantan Dandim 1604/Kupang itu, didampingi para alumnus Akabri 1995 beserta istri masing-masing.

Ada 5 alumnus Akabri 1995 yang saat ini bertugas di Bali masing-masing, Asintel Kasdam IX/Udayana Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, SIP, Letkol Cpm Dermawan Agus Irianto, SIP, (Danpomdam IX/Udayana), Kolonel Pnb Radar Soeharsono (Danlanud I Gusti Ngurah Rai), Kombes Pol Dodi Rahmawan (Dir Reskrimum Polda Bali), dan Kombes Pol I Gde Adhi (Auditor Inspektorat Polda Bali).

“Harapan kami, dalam 25 tahun pengabdian Akabri 1995 ini menjadi berkah bagi semuanya, juga tetap solid, kompak, sinergi, dan siap menjaga keamanan dan kondisi kondusivitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Semoga, kedepan Akabri 95 makin sukses, Bima Cakti,” tegas Kolonel Made Kusuma Dhyana Graha, mantan Dandim 1611/Badung.

Dengan mengusung tema “Dalam Rangka Reuni 25 Tahun Pengabdian melalui Bakti Sosial Kita Wujudkan 25 Tahun Akabri 1995 Mengabdi dan Berbagi kepada Masyarakat”, terkait baksos Akabri 1995 ini, sehari sebelumnya, Jumat (17/7/2020), juga digelar kegiatan kemanusiaan berupa donor darah di RS Bhayangkara, Dokkes Polda Bali, Denpasar.

Danpomdam IX/Udayana Letkol Cpm Dermawan Agus Irianto, SIP, menambahkan, walaupun dihadapkan dengan situasi melawan penyebaran Covid-19 saat ini, sekaligus mendukung program “Bali Bangkit Bebas Covid-19”, alumni Akabri 1995 “Bima Cakti” tetap bersemangat melaksanakan rangkaian kegiatan di Bali dengan tetap melakukan prosedur protokol kesehatan dalam memperingati “25 Tahun Pengabdian kepada Bangsa dan Negara”.

Alumni Akabri 1995 “BIima Cakti” yang bertugas di wilayah Provinsi Bali yang dijuluki “Panca Pandawa Bali” ini bertekad menjadikan perayaan “Reuni Ulang Tahun Perak” ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat, dedikasi, dan loyalitas. “Sehingga, alumni Akabri 1995 “BIima Cakti”, memiliki jiwa soliditas dan sinergitas TNI-Polri yang lebih kokoh, guna mempertahankan pilar tetap tegaknya NKRI dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara yang kita cintai dan kita banggakan bersama dibawah lindungan serta ridha Allah SWT/Tuhan Yang Maha Kuasa. Teriring salam Bima Cakti,” harap Danpomdam IX/Udayana.

Rangkaian kegiatan selanjutnya akan dilakukan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, sebuah taman wisata di bagian selatan Pulau Bali, tepatnya di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Puncak kegiatan “Reuni 25 Tahun Akabri 1995” akan dilakukan secara virtual pada Minggu, 26 Juli mendatang.

Sementara Direskrimum Polda Bali Kombes Pol Dodi Rahmawan, Bima Cakti TNI-Polri Akabri 1995 mengatakan saat melaksanakan baksos berupa donor darah di Rumkit Bhayangkara Bali diikuti sebanyak 76 pendonor dari beberapa satuan TNI-Polri. “Setetes darah untuk kehidupan,” ujar Direskrimum Polda Bali. (jok)

Igo Kleden

Igo Kleden

I am journalist...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *