Home Destinasi 7.100 Ekor Tukik Dilepas Direktur Bank BTN di Nusa Dua

7.100 Ekor Tukik Dilepas Direktur Bank BTN di Nusa Dua

by Igo Kleden

NUSA DUA|PARADISO.CO.ID  – Dalam rangka menjaga keasrian dan kelestarian ekosistem laut serta pemulihan pariwisata dan pemulihan ekonomi di wilayah Bali khususnya di Kabupaten Badung, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bersama Direktur Utama Bank BTN Koesmahargyo dan Anggota DPR RI Komisi XI Eriko Sotarduga melakukan penanaman terumbu karang dan pelepasan tukik di kawasan Pantai Nusa Dua Kuta Selatan, Sabtu (10/4).

Sebanyak 710 terumbu karang dan  7.100 ekor tukik dilepas di kawasan konservasi terumbu karang Nusa Dua.

Acara ini digelar serangkaian Hari Ulang Tahun Bank Tabungan Negara (BTN) yang ke 71 ini juga dihadiri Direktur Nusa Dua Reef Foundation Pariama Hutasoit, Ketua DPD REI Bali I Gede Suardita, Ketua Himpera Bali I Wayan Jayantara, Sekretaris Dinas Pariwisata Badung AA. Yuyun Hanura Eny serta undangan lainnya.

TANAM TERUMBU KARANG. Dirut Bank BTN Koesmahargyo dan Anggota DPR RI Komisi XI Eriko Sotarduga serta Sekda Adi Arnawa melakukan penanaman terumbu karang dan pelepasan tukik di kawasan Pantai Nusa Dua, Kuta Selatan, Sabtu (10/4). FOTO – IST

Direktur Bank BTN Koesmahargyo mengatakan  bahwa dari tahun 2020 dan sampai saat ini dunia termasuk Indonesia dan Bali dilanda pandemi Covid-19 dengan pembatasan-pembatasan yang memang harus dilakukan. Namun pihaknya yakin dan optimis bahwa di tahun 2021 secara perlahan ekonomi mulai bangkit kembali dan akan terus menggelontorkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini memang menjadi konsen bersama.

Baca Juga:   Koster Inginkan Quality Tourism Pasca Covid19

Untuk itu salah satu program pemulihan ekonomi nasional diantaranya adalah restorasi terumbu karang yang merupakan upaya untuk menciptakan keseimbangan biota laut khususnya untuk pelestarian alam dan mengelola kekayaan laut, yang tentunya nanti akan membawa dampak positif terutama untuk lingkungan dan juga ekonomi lokal di Bali, khususnya di Kabupaten Badung.

“Serangkaian Hari Ulang Tahun BTN yang ke 71, karena sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, kami mendukung kegiatan restorasi dengan  menanam terumbu karang sebanyak 710 dan juga pelepasan 7.100 ekor tukik serta berharap kegiatan ini memberi dampak nyata bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Badung. Mudah-mudahan kolaborasi ini bermanfaat ke depan menjalin hubungan kerjasama Bank BTN dengan seluruh stakeholder yang ada,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi kepada pihak Bank Tabungan Negara beserta jajarannya karena dalam serangkaian dengan hari ulang tahun BTN yang ke 71 ini dimanfaatkan dengan melestarikan biota laut berupa penanaman terumbu karang dan pelepasan tukik. Pihaknya menyatakan mendukung kegiatan ini karena sebagai salah satu upaya dalam rangka mengembalikan kehidupan ekosistem laut serta mendorong pertumbuhan ekonomi terutama ekonomi Bali dan Badung pada khususnya.

“Kegiatan ini juga salah satu bentuk kepedulian BUMN disamping untuk menjaga biota laut juga menambah kesejahteraan rakyat karena bagaimanapun dengan adanya terumbu karang yang bagus tentu akan banyak adanya populasi ikan yang nantinya akan dapat dijual oleh masyarakat sehingga akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Ini merupakan langkah yang sangat tepat dan strategis sekali, apalagi kegiatan ini akan terus berlanjut,” ujar Adi Arnawa.

Baca Juga:   Laksanakan Bootcamp STPreneur Batch VI, Poltekpar Bali Konsisten Siapkan Wirausahawan Muda

Sementara itu anggota DPR RI Komisi XI Eriko Sotarduga mengatakan sebagai wakil rakyat pihaknya meminta supaya Bank BTN melakukan pendekatan-pendekatan sosial yang responsibility.  “Hari ini sudah diwujudkan dan kami mendukung sekali kegiatan ini untuk membangkitkan  peradaban membangun alam raya dan memberikan kesempatan makhluk hidup lain untuk berkembang diantaranya ikan melalui penanaman terumbu karang untuk mewujudkan keseimbangan di kehidupan alam,” ungkapnya.***

Editor – Igo Kleden

Berita Terkait

Leave a Comment