Home Event ARTOTEL SANUR – BALI Kembali Gelar Pameran Seni Bertajuk  ‘MANIS MANIS’ Hingga November 2023

ARTOTEL SANUR – BALI Kembali Gelar Pameran Seni Bertajuk  ‘MANIS MANIS’ Hingga November 2023

by Editor Bali

BALI|PARADISO INDONESIA  – ARTOTEL Sanur – Bali kembali berkolaborasi dengan seniman muda Bali, Dayu Sartika dalam pameran solo bertajuk ‘Manis Manis’. Pameran yang dibuka pada  31 Agustus di ARTSPACE ARTOTEL Sanur – Bali ini akan menghadirkan 12 buah karya seni.

Ada cerita menarik tentang seniman muda ini. Dayu Sartika yang didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 2015, menemukan semangat hidupnya lewat seni dan menjadikan seni sebagai tempat perlindungannya dari rasa sakit. Lulusan Program Studi Pendidikan Seni Rupa – Universitas Pendidikan Ganesha ini memberanikan diri untuk menggambarkan dirinya pada pertengahan tahun 2020 yang terinspirasi dari Frida Kahlo — “I’m my own muse. I’m the subject I know best. I want to know the subject better”. Melalui karya-karyanya, ia mencari harmoni dan penemuan diri, mengungkap misteri tubuhnya. Karya seninya, sebuah pujian atas kekuatannya, mengundang orang untuk merenungkan hubungan mereka dengan tubuh dan dunia.

Pada pamerannya kali ini, Dayu ingin memperlihatkan bagaimana ia mewujudkan dirinya sendiri sebagai musuh bebuyutan. Alih-alih menggambarkan hal itu dengan bentuk yang menyeramkan, ia menghadirkan mereka menjadi lucu dan menggiurkan seperti kue dan manisan. “Kenyataannya, aku memang tidak bisa memakan manisan lagi karena terdiagnosa kanker payudara sejak 2015, namun dalam seri karya ini, bukan hanya menyoal tentang penyakit, namun musuh hidup secara luas. Ekspektasi yang tinggi, emosi yang tidak bisa dikendalikan, “ujar Dayu Sartika saat pembukaan pameran berlangsung.

Baca Juga:   Buka Festival Tepi Ayer, Gubernur Mahyeldi Menyebut Lingkungan yang Terpelihara Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

Dayu mengibaratkan pikirannya adalah taman bermain, tempatnya menangkar semua keliaran pikirannya yang tertampung pada karyanya, mengubah semua emosi dan perasaan yang meluap-luap menjadi bentuk dan warna sehingga ia merasa tenang. Gustra Adnyana sebagai kurator menjelaskan, secara tidak langsung Dayu Sartika memberikan pengaruh yang hangat bagi penikmat karyanya, dan bagaimana seni juga dapat menyembuhkan kita.

Sementara Agus Ade Surya Wirawan, selaku General Manager ARTOTEL Sanur – Bali mengatakan pameran seni ini menampilkan karya-karya yang berbeda dari seniman sebelumnya yang dipamerkan di ARTOTEL Sanur

“Pameran seni ini menampilkan karya-karya yang berbeda dari seniman sebelumnya yang dipamerkan di ARTOTEL Sanur. Hal ini menambah semangat kami untuk terus mendukung munculnya emerging artist di Bali. Dayu Sartika memberikan warna baru bagi deretan nama yang pernah berpameran di ARTSPACE, ruang seni kami,”ujar Agus Ade.

Pameran seni ‘Manis Manis’ terbuka untuk umum mulai dari 1 September hingga 14 November 2023. Ayooo…berkunjung ke Artotel Sanur, Bali. ***

Berita Terkait