Di PETS & DTTS, Rotary Club Bicara ‘Open Opportunities’

Kuta (Paradiso) – PETS (President Elect Training Seminar) dan DTTS (District Team Training Seminar) adalah sebuah pelatihan untuk Calon Ketua Club dan Calon Tim District di Rotary. Sebagai organisasi pelayanan terbesar di dunia, Rotary memiliki lebih dari 1,200.000 (satu juta dua ratus ribu) anggota di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri memiliki 2 Distrik yaitu D3410 Distrik Indonesia bagian Barat dan D3420, Distrik Indonesia bagian Timur yang meliputi sebagian Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, dan Papua.

Tahun Rotary diawali dari tanggal 1 Juli dan diakhiri pada 30 Juni, dimana terjadi pergantian Ketua Club, dimana ada 53 Club di Distrik 3420, pergantian District Governoe yang akan memimpin suatu Distrik dan juga pergantian Presiden Rotary Internasional. Agar pergantian pemimpin ini berjalan dengan lancar maka diadakan suatu pelatihan yang disebut dengan PETS dan DTTS. Pentingnya pelatihan ini adalah agar semua calon pimpinan Club paham dan mengerti Tema serta Visi dan Misi Rotary pada tahun 2020-2021 nanti. Tema tahun 2020-20221 adalah ROTARY OPENS OPPORTUNITIES, yang maksudnya adalah Rotary Membuka Kesempatan.

Rotary bukan hanya Club tempat orang bergabung, namun juga merupakan sebuah undangan untuk kesempatan abadi, kata Holger Knaack yang akan menjadi Presiden Rotary Internasional pada tanggal 1 Juli nanti. Beliau menekankan pentingnya Rotary menciptakan jalan kepada anggota untuk meningkatkan kehidupan mereka dan kehidupan masyarakat yang dibantu melalui pelayanan di Rotary.

Kita percaya bahwa tindakan kita apakah besar atau kecil, menciptakan kesempatan untuk orang – orang yang membutuhkan bantuan kita. Beliau menambahkan bahwa Rotary menciptakan keempatan kepemimpinan dan memberikan anggotanya untuk melakukan perjalanan keliling dunia untuk melakukan pelayanan. Semua yang kita lakukan membuka kesempatan yang lain untuk orang lain di suatu tempat.

Banyak proyek yang sudah dilakukan di Distrik 3420 diantaranya, proyek air bersih, proyek penghijauan bekerja sama dangen BPD ASHL Unda Anyar, proyek pemeriksaan dini kanker serviks di NTB, perlengkapan dan unit transportasi donor darah di UTD dan RS di beberapa Kabupatn di Bali, proyek pemberian vitamin dan pelayanan kesehatan, proyek pemberian bea siswa, dan sebagainya.

Ada 6 fokus kegiatan di Rotary yaitu : menciptakan perdamaian dunia, kesehatan ibu dan anak, pemberantasan penyakit, pendidikan dasar, kebersihan dan air bersih, serta pengembangan ekonomi masyarakat. Setiap proyek di Rotary berdasarkan 6 area tersebut. Berpartner dengan Bill dan Melinda Gates Foundation, program Utama Rotary adalah memberantas Polio di seluruh bagian dunia. Dan sampai saat ini bekerja sama dengan Bill dan Melinda Gates Foundation, Rotary masih tetap berkomitmen dan berusaha keras untuk menyelamatkan anak – anak kita, dan generasi penerus bangsa dari penyakit Polio.

“Sebagai District Gubernur tahun 2020-2021 nanti, saya ingin mengajak bukan saja anggota Rotary, namun juga seluruh lapisan masyarakat untuk bersama – sama menyingsingkan lengan baju, bekerja sama untuk membantu maysrakat yang membutuhkan. Saya juga ingin bekerja sama dengan pemerintah dalam mengawal dan melaksanakan program program pemerintah diantaranya pemberantasan stunting, pemberian bea siswa, pencegahan berbagai penyakit, serta melaksanakan kegiatan pelatiahan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan. Tim kami nantinya dan juga para Pimpinan Club akan bekerja sama untuk menggapai yang tidak tergapai, membantu yang belum terbantu, dan terus berkarya untuk bangsa,”kata Holger Knaack.

Saya juga mengharapkan bantuan dari rekan – rekan wartawan untuk dapat menjadi partner kami sehingga dalam setiap kegiatan mungkin dapat dibantu agar Rotary benar benar hadir dalam kehidupan kita semua, demikian Holger mengakhiri pembicaraannya. (*)

Igo Kleden

Igo Kleden

I am journalist...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *