Home EkoBis BI Dukung Pemkab Buleleng Tekan Laju Inflasi

BI Dukung Pemkab Buleleng Tekan Laju Inflasi

by Igo Kleden

BULELENG|PARADISO.CO.ID –  Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Bali terus bergerak dimasa pandemi ini untuk memastikan bahwa roda perekonomian Bali terus berjalan dan tingkat inflasi terus ditekan agar tidak membebani masyarakat.

Dalam pertemuan dengan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana (PAS), yang juga dihadiri Sekda Buleleng Gede Suyasa dan sejumlah OPD, Kepala Kantor BI Perwakilan Bali, Trisno Nugroho mengatakan BI akan terus mendukung Pemkab Buleleng menekan laju inflasi dan juga terus mensupport percepatan digitalisasi pembayaran, serta digitalisasi UMKM di Kabupaten Buleleng.

Dukungan tersebut  disampaikan Kepala KPwBI Bali, Trisno Nugroho dalam rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Buleleng yang diketuai Bupati Buleleng, PAS di Kantor Bupati Buleleng, Kamis (16/9/2021).

“Untuk  Bali, memang saat ini kami concern di dua kota, Denpasar dan Gianyar. Jika dua kota ini bagus, maka Bali pasti bagus,” papar Trisno.

Bank Indonesia Provinsi Bali terus mendorong upaya-upaya yang dilakukan Pemkab Buleleng dalam mengenalkan digitalisasi kepada masyarakat Buleleng.

“Digitalisasi menjadi penting di Buleleng. Saya lihat Pemda sudah memprioritaskan sosialisasi digital dengan mengeluarkan surat edaran, instruksi, bahkan nantinya akan dibuatkan perda,” tambah Trisno.

Dengan upaya itu diharapkan bisa memacu masyarakat Buleleng menggunakan e-commerce dalam pembayaran, yang nantinya akan meningkatkan pendapatan asli daerah.

Sementara, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana  mengapresiasi dukungan BI tentang bagaimana mengurangi inflasi. Dirinya menyatakan, dalam jangka pendek, pihaknya sudah melakukan kerja sama B to B antar daerah. Bahkan nantinya bisa antar pulau.

” Yang jelas, komoditi yang memicu inflasi akan terus kami kontrol antara supply and demand dengan pola kerjasama antar kabupaten bahkan antar pulau,”jelasnya.

Dalam rapat koordinasi TPID Kabupaten Buleleng, selain membahas tentang cara mengurangi inflasi, juga membicarakan strategi penyusunan laporan program unggulan guna menyongsong TPID Award 2022.

Lebih lanjut Trisno Nugroho juga  mengatakan BI akan mendukung sepenuhnya dalam memulihkan perekonomian Bali dan Buleleng pada khususnya. 

Dalam program jangka pendek, jelas Trisno untuk pengendalian inflasi BI akan memfasilitasi terhadap kerjasama bisnis ke bisnis antar pemerintah kabupaten, provinsi terhadap komoditi yang memicu inflasi.

Sementara disinggung terkait digitalisasi dalam penjualan hasil UMKM Buleleng, BI akan membantu agar perekonomian Buleleng segera pulih.

“Kita dorong bank-bank, e-commerce untuk bisa digunakan sebagai chanel dalam pembayaran digital. Sehingga sumber-sumber pendapatan yang digali secara cepat tercapai, akuntable dan transparan menuju peningkatan pendapatan daerah,” imbuhnya.

Dalam kunjungan ke Buleleng kali ini, BI juga menyerahkan bantuan untuk penanganan Covid-19 berupa 300 paket sembako  dan 50 tabung oksigen. ***

Editor – Igo Kleden

You may also like