Home EkoBis WIES 2023 Jadi Momentum Perkuat Pengembangan Wirausaha Halal

WIES 2023 Jadi Momentum Perkuat Pengembangan Wirausaha Halal

by Bowo

Padang (Paradiso) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan pelaksanaan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Padang, Sumatra Barat, diharapkan bisa menjadi momentum pengembangan wirausaha halal di Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dalam pembukaan WIES 2023 di Pangeran Beach Hotel, Padang, Jumat (8/9/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan rangkaian kegiatan yang digelar pada 6-9 September 2023 ini merupakan wadah yang mempertemukan para pengusaha muslim dari 24 negara di dunia untuk saling bertukar informasi, membuka peluang-peluang usaha, wawasan, dan lapangan kerja baru. Selain itu, kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat ini juga menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat citra Sumatra Barat sebagai salah satu titik pengembangan ekosistem wirausaha halal di dunia.

“Kami akan mendukung Sumatra Barat untuk mengembangkan ini karena harapannya ekosistem (ekonomi) halal dunia bisa ditopang oleh Sumatra Barat, khususnya Kota Padang,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan Sumatra Barat telah memiliki citra yang kuat sebagai destinasi wisata halal di Indonesia bahkan dunia.

“Sumatra Barat telah terpilih sebagai _world’s best halal culinary destination_. Oleh karena itu, WIES 2023 digelar untuk memperkuat ekosistem bisnis dunia, jaringan pariwisata, dan pengembangan UMKM halal,” katanya.

Tak hanya itu, Menparekraf Sandiaga menyampaikan dalam sejarah, para pengusaha muslim juga berkontribusi dalam memperkenalkan konsep perdagangan yang adil demi kesejahteraan bersama. “Sehingga, para wirausahawan muslim harus mampu beradaptasi dan berinovasi mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan akarnya,” kata Sandiaga.

Baca Juga:   PT Piaggio Indonesia Buka Dealer Piaggio Vespa di Padang

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan WIES 2023 menjadi momentum yang tepat untuk pembentukan wirausaha berkarakter dalam upaya mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. “Wirausaha yang berkarakter, sekaligus jeli melihat peluang, dan gigih mengatasi tantangan, akan menggerakkan pembangunan ekonomi yang inklusif, adil, dan berkelanjutan,” kata Ma’ruf.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan WIES 2023 merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Sumatra Barat untuk menggerakkan perekonomian daerah pascapandemi COVID-19. “Bersama WIES, mari kita gelorakan semangat kewirausahaan yang kuat, semangat kolaborasi global, serta semangat inklusivitas ekonomi,” ucap Mahyeldi.

Kegiatan ini juga diisi dengan Ministerial Dialogue yang menghadirkan Menteri Pariwisata, Perdagangan, dan Industri Timor Leste, Filipus Nino Pereira; Duta Besar Turki untuk Indonesia, Talip Küçükcan; Konsulat Jenderal Malaysia untuk Pekanbaru, Mohammad Hosnie Shahiran Bin Ismail; dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy

Dalam kegiatan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh. Turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat, Luhur Budianda dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat, Sari Lenggogeni. (*)

Berita Terkait