Home Destinasi Bupati Giri Prasta Apresiasi Program Revitalisasi Toilet Dari Kemenparekraf

Bupati Giri Prasta Apresiasi Program Revitalisasi Toilet Dari Kemenparekraf

by Igo Kleden

KUTA|PARADISO.CO.ID  – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kegiatan Kick off Revitalisasi Toilet di Destinasi Wisata Bali dan Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang diselenggarakan di Pantai Kuta, Rabu (17/3).

Bupati Giri Prasta pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas support yang diberikan oleh pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam merevitalisasi toilet yang ada di kawasan Pantai Kuta karena bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada wisatawan. Dikatakan pula bahwa kelayakan dan kebersihan toilet di tiap destinasi wisata merupakan salah satu unsur penting.

“Dengan adanya support program revitalisasi toilet yang dilaksanakan oleh pihak Kementerian dalam hal ini Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di kawasan Pantai Kuta, merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah pusat dalam upaya pemulihan sektor pariwisata dari pandemi Covid-19. Kita berharap pariwisata bisa segera bangkit kembali dan perekonomian masyarakat kembali pulih,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pihaknya menjalin kerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) untuk merevitalisasi toilet di tiap destinasi wisata di Indonesia. “Menurut saya kalau mau revolusi sektor wisata itu, harus dimulai dari toilet. Karena ini adalah tempat yang tidak bisa kita wakilkan untuk datang,” ujar Sandiaga.

Baca Juga:   Work From Bali, Work From  Pullman Bali Legian Beach

Sandiaga melanjutkan, bahwa toilet di tempat wisata pun harus memiliki desain dan fasilitas yang baik. Sebab, sarana tersebut dinilai dapat mempengaruhi tingkat kunjungan wisata.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Santosa Sungkari berharap ATI dapat membantu Kemenparekraf dalam merevitalisasi toilet di tiap destinasi wisata agar nyaman digunakan. “ATI akan membantu Kemenparekraf untuk memikirkan bagaimana membangun toilet, termasuk juga memikirkan ekosistemnya secara keseluruhan. Mulai dari air bersih, hingga siapa yang akan mengelola toiletnya,” ujar Hari.

Hari Santosa juga menjelaskan bahwa Kemenparekraf akan memfokuskan revitalisasi toilet pada lima destinasi super prioritas dan dilanjutkan dengan destinasi yang lain.***

Editor – Igo Kleden

Berita Terkait

Leave a Comment