Home News FESTIVAL SINEMA AUSTRALIA INDONESIA 2023 Dgelar di   MATARAM, LOMBOK dengan Sukses

FESTIVAL SINEMA AUSTRALIA INDONESIA 2023 Dgelar di   MATARAM, LOMBOK dengan Sukses

by Igo Kleden

LOMBOK|PARADISO INDONESIA – Konsul-Jenderal Australia untuk Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT), Anthea Griffin, hadir di Lombok akhir pekan ini untuk membuka FSAI 2023 di Kota Mataram.

Acara pembukaan FSAI di Mataram juga dihadiri oleh Kadis Kominfo dan Statistik Prov. NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M. yang mewakili dan menyampaikan sambutan dari Gubernur NTB dan bersama Konsul-Jenderal Griffin, secara resmi membuka kegiatan FSAI 2023 di Mataram, Lombok.

Seperti diketahui, FSAI menampilkan film-film terbaik dari Australia dan Indonesia. Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) tahun ini kembali ke bioskop di Jakarta, Surabaya, Makassar, Mataram, Yogyakarta, Bandung dan Tangerang Selatan dari 24 Februari hingga 18 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Anthea Griffin menyampaikan  penghargaan kepada Pemprov NTB dari pemerintah Australia karena kembali mengadakan festival ini di Kota Mataram tahun ini.

“Dengan lebih dari 3.000 bisnis kreatif di industri film Australia, dan dengan cepatnya pertumbuhan sektor film Indonesia, kami ingin festival ini menciptakan peluang bagi kolaborasi baru untuk berkembang,” kata Konsul-Jenderal Anthea Griffin dalam sambutan pembukaannya.

Di Mataram, festival tahun ini diadakan dari 25 – 26 Februari 2023 di CGV Transmart Cinemas dan menampilkan lima film.

Festival dibuka dengan pemutaran film pemenang penghargaan Sweet As – sebuah film remaja yang menggembirakan tentang persahabatan yang tidak konvensional, cinta pertama, dan menemukan jati diri di jalan yang jarang dilalui. Selain pemutaran film, FSAI 2023 di Mataram juga diadakan masterclass film: ‘Penceritaan Berbasis Karakter’ yang dibawakan oleh Mr Steve Rodgers, seorang aktor Australia dan salah satu penulis skenario untuk Sweet As.

Baca Juga:   Kemenparekraf Pastikan Kesiapan Daerah dan Destinasi Sambut Libur Lebaran 2024

Film-film Australia lainnya yang diputar di Mataram antara lain film drama biografi , film komedi animasi yang diproduksi bersama oleh studio animasi Australia, Animal Logic. FSAI 2023 di Mataram juga menampilkan satu film yang diproduseri oleh alumna Australia Mira Lesmana, yaitu kisah mudik Humba Dreams.

Tahun 2023 juga menandai perayaan 70 tahun Program Beasiswa Australia di Indonesia. Untuk memeriahkan tahun bersejarah ini, Kedutaan dan Konsulat-Jenderal Australia akan menyelenggarakan berbagai acara untuk merayakan pencapaian alumni dan untuk mempromosikan program Alumni Global Australia kepada generasi baru pelajar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan Konsulat-Jenderal Australia di Bali, NTB dan NTT, ikuti @KonjenBali di Twitter dan Instagram.***igo

Berita Terkait