Home Event Gagas Seminar Sport Tourism, Walikota Solo Gibran undang Menpora, Menparekraf dan Gubernur Jateng

Gagas Seminar Sport Tourism, Walikota Solo Gibran undang Menpora, Menparekraf dan Gubernur Jateng

by Bowo

Solo (Paradiso) – Turnamen Sepakbola Antarwartawan se-Indonesia 2022 tak hanya menggelar pertandingan sepakbola, yang akan diikuti 8 Tim mulai 12 – 20 Februari 2022. Akan ada Seminar Sport Tourism yang digagas Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

“Saya ingin sekali mendapat masukan-masukan dari para stakeholder, agar kota Solo semakin sumringah menggelar banyak event yang terkait dengan Sport Tourism. Oleh sebab itu, saya mengundang Pak Menpora, Pak Menparekraf dan Pak Gubernur Jateng,” kata Gibran di sela pertemuan dengan Menpora Zainuddin Amali, Minggu (28/11/2021) di The Sunan Hotel, Solo.

Sport Tourism pernah sukses digelar oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melalui Borobudur Marathon, sejak 2017, 2018, 2019, 2020, dan Sabtu, 27 November 2021 lalu, yang kelima kalinya.

Menpora Zainudin Amali secara lisan diundang oleh Gibran, selanjutkan panitia Turnamen Sepakbola Antarwartawan se-Indonesia 2022, akan melanjutkan surat menyurat. Begitu pula, kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, diajak untuk “urun rembug” memperkaya event-event nasional dan internasional di Kota Solo.

Seperti diketahui, dalam rangka HUT ke-76 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), pada 9 Februari 2022, kalangan wartawan olahraga Jakarta akan menggelar Turnamen Sepak bola Antar Wartawan se-Indonesia.

Turnamen ini direncanakan berlangsung di Solo, Jateng, pada 12 – 20 Februari 2022.

Ada beberapa tujuan untuk menggelar Turnamen Sepak bola Antar Wartawan ini, sebagaimana dikemukakan Panitia Pelaksana Pusat, Erwiyantoro.

Baca Juga:   Kemenparekraf Kembali Gelar "Modest Fashion Funders Fund 2021"

“Pertama, untuk melanjutkan silahturahmi para wartawan yang biasa meliput kegiatan sepakbola, dan cabang olahraga pada umumnya. Kedua, melanjutkan tradisi turnamen, yang sudah pernah digelar bernama Liga SIWO keempat kalinya, sejak 1999, 2006, 2013 dan 2014,” ungkap Erwiyantoro.

Ketiga, diakuinya turut mendukung program kota Solo, mengkampanyekan ‘Sport Tourism’, yang sudah dicanangkan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sejak 20 Mei 2021.

Tim Manajer Tim Siwo PWI DKI Jaya, Yesayas Oktovianus mengatakan Tim wartawan Siwo PWI DKI Jaya siap melakukan seleksi pemain pada tanggal 8 Desember mendatang di Lapangan Pancoran Soccer Field.

Tim Siwo DKI Jaya juga diakui Yesayas Oktovianus mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang telah mendukung dan mensuport turnamen ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Tuan Rumah Turnamen Sepakbola Antar Wartawan Se-Indonesia, Anas Syahirul mengatakan pihaknya sudah mengantongi Surat ijin rekomendasi dari Gugus Tugas Covid sehubungan dengan penyelenggaraan turnamen antar wartawan tersebut.

“Surat ijin rekomendasi dari Gugus Tugas Covid sudah kami terima karena untuk keperluan ijin dari kepolisian dan lain lain harus ada rekomendasi  dari Gugu Tugas Covid,” jelas Anas Syahirul.

Hingga saat ini Tim Sepakbola Siwo PWI DKI Jaya, Tim Wartawan Semarang dan Tim Wartawan tuan rumah sudah mendaftarkan diri ke panitia pelaksana di Solo dengan menyertakan uang pendaftaran sebesar Rp 5 Juta.

Baca Juga:   TNI AL Dukung Lomba Perahu Layar Kojadoi Sail Festival 2021

“Sebagai awal, Kami hanya membatasi delapan tim wartawan. Jadi siapa yang mendaftar terlebih dahulu dengan menyertakan uang pendaftaran itulah yang kami dahulukan, jika sudah dirasa memenuhi kuota, pendaftaran kami tutup,” jelas Anas Syahirul.

Diharapkan Anas Syahirul, di Bulan Desember sudah ada kepastian delapan tim wartawan yang akan mengikuti Turnamen Sepakbola Antar Wartawan Se-Indonesia 2022 ini.

Gelaran Turnamen Sepakbola Antar Wartawan Se-Indoensia 2022 ini nantinya menggunakan dua lapangan pertandingan, yaitu Lapangan Kota Barat (rumput), dan Stadion Sriwedari (sintetis).

Turnamen ini menyediakan hadiah untuk sang Juara meraih Rp 50 juta, runner up Rp 25 juta, tempat ke-3 Rp 15 juta, keempat Rp 10 juta, pemain terbaik Rp 5 juta, dan pencetak gol terbanyak Rp 5 juta.

Untuk menyemarakkan turnamen ini, nanti panitia akan menggelar pertandingan eksebisi, antara Tim Gibran Rakabuming vs Tim Ganjar Pranowo. (*)

Berita Terkait