Jakarta (Paradiso) – Kesehatan dan kesejahteraan penumpang merupakan hal yang sangat penting. Japan Airlines (JAL) umumkan kepada penumpang mengenai langkah-langkah pencegahan yang ditingkatkan dalam penerbangan dan ruang tunggu bandara JAL, diluar dari perubahan dalam jadwal penerbangan untuk rute internasional dan domestik tertentu. Peningkatan ini dilakukan sebagai bentuk tindakan pencegahan pandemi COVID-19 yang sedang terjadi sekarang ini. Melalui tautan ini, penumpang dapat melihat daftar langkah-langkah terperinci yang dapat dilakukan untuk tindakan pencegahan pandemi COVID-19.
Sebagai wujud upaya untuk menahan penyebaran COVID-19, berbagai acara olahraga dan budaya telah dibatalkan di Jepang dan hal ini menjadi faktor yang mempengaruhi perubahan permintaan perjalanan di jaringan operator. Maka itu, JAL mengumumkan keputusan untuk sementara mengurangi layanan di beberapa rute internasional dan domestik. Penumpang yang terkena dampak akan diberi tahu secara langsung tentang perubahan penerbangan mereka. Penundaan tanggal perjalanan dan biaya pembatalan telah dihapuskan untuk penerbangan JAL yang berangkat hingga 5 April 2020 (Minggu). Informasi terbaru tentang perubahan jadwal penerbangan dapat merujuk ke situs web JAL.
Japan Airlines dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, dimohon pengertian dan kerja sama penumpang, dikarenakan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. JAL akan terus memantau dan menerapkan langkah-langkah efektif untuk memberikan penumpang ketenangan saat bepergian menggunakan maskapai penerbangan yang dioperasikan oleh JAL Group.
- Desinfeksi Kabin Pesawat
Pesawat yang beroperasi di bandara yang tercantum di bawah ini didesinfeksi selama semalam di Jepang. Area desinfeksi yang berlaku termasuk meja kursi, sandaran lengan, monitor/ pengontrol IFE, toilet (termasuk kenop pintu, wastafel) dan/atau area mana pun yang dapat disentuh penumpang selama penerbangan. Terkait persyaratan rotasi pesawat, tindakan ini mungkin tidak dilakukan diseluruh penerbangan.
Rute yang Berlaku: Jepang – Beijing, Dalian, Tianjin, Shanghai (Hongqiao / Pudong), Guangzhou, Hong Kong, Seoul, Busan.
- Kualitas Udara Kabin Pesawat
Kabin pesawat terbang memiliki ventilasi lewat mesin pesawat. Dengan demikian, udara segar disirkulasikan setiap dua hingga tiga menit. Selain itu, setiap armada JAL dipasangkan sistem HEPA* untuk menjaga tingkat kemurnian udara kabin.
*High-Efficiency Particulate Air (HEPA) merupakan filter yang dirancang untuk menangkap setidaknya 99,97% partikel udara halus yang lebih besar dari 0,3 mikrometer.
- Awak Kabin Menggunakan Masker dan Sarung Tangan
Sebagai tindakan pencegahan, awak kabin akan mengenakan masker pada semua penerbangan internasional dan domestik. Mereka juga akan mengenakan sarung tangan saat menyajikan makanan dan minuman.
- Staf Bandara Mengenakan Masker Wajah
Staf bandara juga akan menggunakan masker selama jam operasional.
- Layanan Lounge
Layanan makanan dan minuman yang disediakan di lounge JAL di Jepang telah diubah seperti di bawah ini:
- Lounge Internasional di Jepang: Para staf menyediakan layanan makanan dengan pengemasan individual untuk memastikan bahwa penumpang dapat menerima makanan mereka dengan tenang.
- Lounge Domestik: JAL akan menyediakan layanan makanan kemasan.
- Pengurangan Sementara Rute Internasional dan Domestik
Akibat dampak COVID-19 pada permintaan perjalanan, Japan Airlines akan membuat perubahan jadwal penerbangan pada rute internasional dan domestik tertentu, termasuk penerbangan ke/dari Singapura dan Bangkok. Silakan merujuk ke situs web JAL untuk informasi terbaru.
- Pembatasan saat masuk ke Jepang
Pihak berwenang Jepang telah memberlakukan pembatasan perjalanan bagi wisatawan yang baru mengunjungi beberapa area yang terkena dampak wabah COVID-19. Untuk perincian yang diperbarui, silakan merujuk ke situs web Badan Layanan Imigrasi Jepang.
- Penanganan tiket karena pembatasan imigrasi
Menanggapi pembatasan imigrasi yang diberlakukan oleh berbagai negara, perubahan/ pengembalian tiket internasional JAL akan diberikan pembebasan biaya terlepas dari aturan dan ketentuan tiket. Jika penumpang telah membeli tiket di agen perjalanan atau saluran non-JAL lainnya, silakan hubungi agen perjalanan masing-masing.