Home EkoBis KADIN Indonesia Perkuat Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif Bali

KADIN Indonesia Perkuat Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif Bali

by Igo Kleden

BALI|PARADISO.CO.ID –KADIN Indonesia menyatakan komitmennya mendukung produk UMKM di Bali. Terkait dengan pentingnya UMKM dalam struktur ekonomi Indonesia, KADIN Indonesia dalam acara menjelang Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 di Bali, 3-4 Desember 2021 juga turut mendorong agar sektor ini pulih dan terus bertumbuh di masa pandemi. Salah satunya dengan mengunjungi dan mempromosikan UMKM serta industri kreatif yang ada di Bali.

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid di dampingi Koordinator WKU I Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Yukki Nugrahawan mengajak rombongan KADIN Indonesia mengunjungi pameran UMKM dan industri kreatif di Bali Art Center Denpasar atau Taman Budaya Bali bertema Bali Bangkit.

Bali Art Center Denpasar menjadi sentra pameran dan penjualan industri kreatif dari seluruh Bali. Terdapat ratusan produk industri kreatif, mulai dari lukisan, patung, produk mebel, tas rotan, pakaian, kain, tenun dan rajutan, kerajinan perak khas Bali. Saat mengunjungi lokasi ini, Arsjad Rasjid didampingi Putri Suastini Koster, istri Gubernur Bali yang juga Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional) daerah Bali.

“Komplek Bali Art Center ini sangat luar biasa. Wisatawan lokal maupun mancanegara harus mengunjungi destinasi ini. Di sini kita bisa belajar banyak hal mengenai kebudayaan Bali dan yang paling utama bisa melihat dan membeli semua karya dan produk kesenian tinggi serta punya nilai ekonomis yang luar biasa,” ujar Arsjad saat mengunjungi Bali Art Center, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga:   Sandiaga Ajak Pelaku Parekraft Terus Kembangkan Kreativitas

KADIN Indonesia, kata Arsjad, akan membantu meningkatkan kapasitas UMKM dan industri kreatif di Bali untuk Go Internasional serta adaptif dalam perkembangan dunia bisnis di masa yang akan datang. Selama ini UMKM hanya dikenal sebagai penjual di tingkat domestik, menurutnya, untuk meningkatkan ekonomi di Indonesia, UMKM harus bisa menjadi pemasok di pasar global.

“KADIN Indonesia akan terus mendorong pelaku UMKM dan ekonomi kreatif untuk naik kelas. Potensi UMKM dan industri kreatif kita ini luar biasa. Kita harus menjadi pemain terdepan di pasar global untuk lebih meningkatkan peranan sektor ini dalam perekonomian nasional. Di Bali ini saja, banyak produk kesenian dan kreatif yang memiliki daya tarik luar biasa dan nilai jual tinggi. Sektor ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi di Bali,” tutur Arsjad.

Bambang Brodjonegoro, Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan KADIN Indonesia (kedua dari kanan). FOTO – IST.

Ia melihat Indonesia mempunyai potensi besar untuk melahirkan pengusaha-pengusaha  baru di daerah dan menghasilkan produk-produk berkualitas ekspor, sehingga mampu mendongkrak perekonomian nasional lebih baik lagi. Kontribusi ekspor UMKM Indonesia, sambungnya, akan terus didorong sehingga dapat meningkatkan lagi pendapatan bagi mereka dan pemasukan bagi negara.

Hal senada juga dikatakan oleh Koordinator WKU I Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Yukki Nugrahawan. Menurut Yukki, perlu langkah nyata untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas dan Go Internasional. KADIN Indonesia, kata Yukki, mengapreasi program pemerintah terkait pengembangan  sentra atau kawasan dan integrasi UMKM dan industry kreatif seperti Bali Art Center Denpasar.

Baca Juga:   Terapkan Protokol Kesehatan, BALI BIRD PARK Kembali Buka 17 Juli 2020

“Kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, daerah dan KADIN Indonesia seperti di Bali ini akan semakin menguatkan UMKM dan industri kreatif kita. Kami mendukung pemprov Bali mengembangkan Bali Art Center ini dan akan mempromosikan semua produk kesenian bernilai tinggi ini. KADIN Indonesia melalui KADIN Bali juga akan membantu rantai pasok, digitalisasi, inkubasi bisnis UMKM agar memiliki daya saing dan produktivitas yang tinggi,” katanya.

Kunjungan pameran UMKM dan industri kreatif juga dilakukan Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan KADIN Indonesia, Bambang Brodjonegoro. Ia mengunjungi dan berdiskusi dengan para pelaku UMKM dan industri kreatif terkait dengan kegiatan Festival Organik Bali Utara di The Kirana Tembok Resort, Desa Tembok, Kec. Tejakula, Buleleng, Bali, Kamis (2/12/2021).

Dalam kunjungannya, Bambang Brodjonegoro mengatakan pemberdayaan dan penguatan UMKM menjadi salah satu pilar utama yang diusung KADIN Indonesia. Dirinya melihat kearifan lokal yang disuguhkan dalam Festival Organik Bali Utara memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi dan mampu menarik wisatawan.

“Kami mengapresiasi gagasan festival ini yang mengingatkan kekayaan kebudayaan lokal yang kita miliki sekaligus memberikan ruang terciptanya kegiatan ekonomi kreatif bagi masyarakat dan menciptakan kesadaran penggunaan bahan-bahan alami sebagai upaya menjaga keberlangsungan ekologi. KADIN Indonesia akan membantu mempromosikan destinasi sekaligus produk-produk UMKM dan kesenian di tempat ini,” ujarnya saat berbincang dengan pelaku UMKM dan industri kreatif di acara tersebut.

Baca Juga:   Para Pengusaha Jasa Pernikahan Sekarat Dengan Pembatasan PPKM

Mengenai dukungan KADIN Indonesia terhadap kebangkitan UMKM dan industri kreatif di Bali, Ketua KADIN Bali, I Made Ariandi mengapreasi dan merasa sangat terbantu. Menurut Made Ariandi, digelarnya acara Rapimnas 2021 KADIN Indonesia di Bali ikut mempercepat pemulihan ekonomi pulau dewata ini, terutama untuk sektor pariwisata, UMKM dan industri kreatif. ***

Editor – Igo Kleden

Berita Terkait