Home Destinasi Pantai Maloba, Sumba Tengah Layak Gelar Event Surfing

Pantai Maloba, Sumba Tengah Layak Gelar Event Surfing

by Igo Kleden

SUMBA|PARADISO.CO.ID – Sumba memang telah mendunia. Pulau yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan Eropa yang ingin sekali melihat daily life kehidupan orang Sumba.

Hal lain yang menarik di Sumba adalah alamnya yang indah mempesona yang memikat wisatawan baik yang pernah mengunjungi pulau ini maupun mereka yang belum pernah namun berkeinginan kuat untuk berwisata ke Sumba.

Bila melihat Sumba lebih jauh dan mendalam maka tidak bisa dipungkiri bahwa ada satu tempat di Sumba Tengah juga mempesona buat wisatawan selain Kampung Taung di Sumba Barat, atau Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur ataupun Danau Weekuri di Sumba Barat Daya. Tempat itu adalah Maloba Beach atau Pantai Maloba. Pantai ini merupakan pantai pasir putih dan berada di Kabupaten Sumba Tengah.

Dewantoro Umbu Joka, Korwil DPP Asita Bali -Nusra. FOTO – IST

Ada yang menarik dari Pantai Maloba ini adalah karena ombaknya sangat layak untuk bermain surfing.

“Pantai Maloba sangat  layak untuk event surfing nasional maupun international. Dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan komunitas surfer,  juga dengan kemenpakraf, Dispar NTT maupun Dispar Sumba Tengah untuk membicarakan event surfing di Pantai Maloba, Sumba Tengah,” kata Ketua Asita NTB,  yang juga Korwil DPP Asita Bali -Nusra, Dewantoro Umbu Joka di Sumba Tengah baru – baru ini.

Baca Juga:   Labuan Bajo Diproyeksikan sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya

Lebih jauh, Dewantoro yang juga Putra Sumba Tengah ini mengatakan gulungan ombak di Maloba konon katanya menjadi tempat surfing tamu – tamu dari luar negeri yang menginap di Kabupaten Sumba Barat maunpun Sumba Timur.
Karena itu dirinya  berharap pemerintah serius menjajaki ini dan melaksanakan  event surfing di Maloba bahkan  menjadikan  event surfing di Maloba menjadi event tahunan.

“Saya yakin dengan pelaksanaan event ini  akan membawa manfaat bagi daerah Sumba Tengah, baik di sektor akomodasi, kuliner, kerajinan dan lain sebagainya sehingga  ekonomi di Sumba Tengah tumbuh dari sektor pariwisata.  ***

Editor – Igo Kleden

Berita Terkait