PERTAMINA (PERSERO) DAN PATRA JASA Lakukan Pelatihan Pembuatan Dupa Alami di Bali

PARADISO.CO.ID|BALI – PT Pertamina (Persero) dan PT Patra Jasa bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) “Edukasi dan Pelatihan Pembuatan Dupa Alami “Patra Werdhi Rahayu” dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang yang dilaksanakan di Banjar Danginsema, Tumbak Bayuh, Mengwi, Badung pada 29 Juli 2020. Hal ini merupakan sebuah langkah untuk membangun Desa Binaan Pembuat Dupa Sehat Alami yang ke dua berbasis budaya di Provinsi Bali, khususnya kepada warga Danginsema dan sekitarnya.

Pelatihan ini meliputi pengenalan Dupa Sehat Alami Suci Berbudaya Bali yang akan disampaikan melalui penayangan video dan talkshow yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan pengenalan bahan dan teori pembuatan dupa sehat alami suci berbudaya Bali oleh Ida Bagus Gede Dalem Baskara yang diakhiri dengan dengan sesi tanya jawab. Sedangkan “Ngawit” pembuatan dupa akan dilakukan pada hari Senin, 3 Agustus 2020 sesuai dengan hari baik pembuatannya.

Kegiatan dibuka langsung oleh Suwardi – GM The Patra Bali Resort & Villas dan dihadiri oleh beberapa undangan, media, IGN Wisnu Wardana – Ketua Yayasan Tri Hita Karana serta para Pemangku, Bendesa dan Kelian Adat di wilayah Banjar Danginsema, Tumbak Bayuh, Mengwi – Badung.

Dalam pembukaan acara, GM The Patra  Bali Resort & Villas menyatakan “Bagi umat Hindu Bali, dupa adalah benda suci, bahan-bahan yang dipergunakan seharusnya sesuai dengan filosofinya dan terbebas dari campur tangan kimia sintetis, agar asap yang dihasilkannya tidak berbahaya bagi kesehatan pernapasan, oleh karena itu PT Patra Jasa mendukung pelestarian budaya Bali dengan berkontribusi kepada masyarakat di lingkungan Br. Danginsema, melalui edukasi, sosialisasi & pelatihan membuat dupa sehat alami berbasis budaya Bali kepada penduduk  dan sekaligus membantu nantinya dapat menjadikan ketrampilan yang bisa mendatangkan penghasilan”

Sinergi antara PT Patra Jasa dan PT Pertamina (Persero) dalam penyelenggaraan CSR merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.  Melalui Edukasi dan Pelatihan Pembuatan Dupa Alami Suci Berbudaya Bali, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yang selaras dengan kualitas hidup yang sehat. ***

Editor – Igo Kleden

Igo Kleden

I am journalist...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *