Home Destinasi Serunya Pacu Adrenalin di Perosotan Abangan Lombok Tengah

Serunya Pacu Adrenalin di Perosotan Abangan Lombok Tengah

by Bowo

Lombok Tengah, NTB (Paradiso) – Bagi anda yang suka olahraga air menantang bisa mencoba perosotan air di saluran irigasi Abangan, Lombok Tengah. Perosotan air layaknya waterboom ini lokasinya sekitar 45 kilometer dari Kota Mataram, tepatnya terletak di Desa Pringgarata, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Belakangan ini banyak wisatawan yang datang ke Parit Abangan untuk bermain wahana air layaknya seluncur waterboom yang bisa memacu adrenalin. Uniknya, aktivitas yang ini bisa membawa Anda bernostalgia lagi kembali ke masa kecil.

Aliran irigasi yang semula berfungsi sebagai sumber air untuk mengairi sawah kini menjadi tempat bermain seluncur air, dan istimewanya lagi wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan area persawahan hijau dan suasana khas pedesaaan di sekitar waterboom tradisional ini yang bisa memanjakan mata.

Alirannya sangat deras namun tetap aman untuk usia remaja dan dewasa. Terlebih air yang disalurkan melalui Perosotan Abangan Lombok ini relatif bersih dari sampah. Sisi kanan dan sisi kiri masih dipenuhi dengan rumput dan kebun warga.

Belum ada tiket masuk yang ditentukan oleh pengelola. Warga yang berkunjung hanya dikenai biaya parkir cukup murah sebesar Rp2.000 saja.

Rombongan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekraf (Forwaparekraf) dalam kegiatan press tour di Pulau Lombok, berkesempatan mengunjungi destinasi wisata unik ini pada, Selasa (8/12/2020).

Bahkan beberapa wartawan mencoba langsung perosotan unik ini, kesan seru dan menantang langsung terasa.

Johan Sompotan selaku Ketua Forwaparekraf juga merasakan langsung sensasi meluncur di saluran irigasi ini. Jelas terlihat keseruan yang dirasakannya.

“Seru, tegang dan mengasyikkan itu yang saya rasakan saat mencoba meluncur disini. Ini benar-benar sensasi berbeda, serasa main di Waterboom tapi dengan nuansa alami, menyatu dengan alam,” ujar Johan seusai meluncur.

Johan mengaku bahwasanya destinasi ini punya potensi bagus kedepan, sebagai alternatif pilihan unik ketika wisatawan berkunjung ke Lombok.

Melihat potensi wisata di Desa Pringgarata, Lombok Tengah ini, diapun berharap pemerintah daerah bisa turut peduli dan mengembangkan potensi wisata ini.

Waterboom tradisional ini merupakan bangunan sisa peninggalan zaman Belanda pada tahun 1980-an, dengan panjang sekitar 5 km. Parit ini terbilang masih kokoh, tidak hanya berfungsi sebagai pengairan sawah dan sumber air warga, tetapi Parit Abangan telah menjadi destinasi pilihan saat musim liburan. Ada dua jembatan yang menghubungkan Sungai Pringgarata dengan Sungai Taman Baru. Di bagian ujung keduanya terdapat perosotan yang akan menguji adrenalin Anda. Teriakan semangat anak-anak kecil pun akan menciptakan suasana yang semakin seru.

Aliran air di perosotan ini cukup deras. Anda akan disambut oleh ombak saat sampai di ujung perosotan. Berbagai gaya dan atraksi bisa Anda lakukan di sini, mulai dari duduk, berbaring, bahkan ada yang berdiri seolah-olah menaiki papan seluncur. Saat musim hujan air di tempat ini sedikit keruh. Namun saat musim kemarau airnya sangat jernih. Air di sini dijamin bersih, karena belum tercemar limbah dan sampah. Selain Anda bisa bermain air sepuasnya, tempat ini juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Pada musim liburan, tempat wisata Perosotan Abangan Lombok ini selalu menjadi pilihan liburan murah di Lombok. Tak heran jika lokasi wisata ini selalu ramai saat akhir pekan dan libur panjang. (*)

 

You may also like

Leave a Comment