Home News Duka NTT adalah Duka Kita, Rotary Ajak Mari Peduli NTT

Duka NTT adalah Duka Kita, Rotary Ajak Mari Peduli NTT

by Igo Kleden

DENPASAR|PARADISO.CO.ID – Awal April 2021 menjadi hari yang buruk bagi sebagian besar masyarakat NTT. Bencana banjir bandang dan badai siklon Seroja menghentak kita semua. Selama 19 jam pada tanggal 4 dan 5 april, 2021, berbagai wilayah di Propinsi NTT digempur banjir bandang dan badai siklon Seroja. Hampir seluruh wilayah di NTT terdampak.

Ada 10 Kabupaten dan Kota yakni  Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Ngada, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Alor, Kabupaten Ende, Kota Kupang, Kabupaten Rote Ndao, dan Kabupaten Malaka terkena dampak bencana ini.

Banyak jiwa melayang, rumah roboh,  fasilitas  seperti jalan, jembatan, dan infrastruktur rusak berat. Bahkan di beberapa daerah seperti Malaka Barat, Malaka Tengah, Alor dan daerah lain, sarana transportasi terputus.

Di beberapa daerah bantuan hanya bisa dijangkau dengan helikopter. Masyarakat di beberapa daerah seperti di Malaka hanya dapat makan dua hari sekali.  Sungguh memprihatinkan bahkan menyedihkan!

Rotary Club of Kupang Central yang berada di pusat bencana, District 3420 dan District 3410 pun mulai bergerak. Mereka prihatin dan peduli   untuk membantu para korban.

Ketua Rotary Disaster Reponse District 3420, PDG I Wayan Suryawan dan Ketua Rotary Disaster Response District 3410 DGN Rionardi kemudian  membentuk tim penanggulangan bencana. Sumbanganmu mulai mengalir   dari dalam maupun luar negeri.

Untuk D3420, sumbangan terbesar berasal dari RC of Singapura, dan Ishk Tolaram Foundation di Singapura. Berbagai bantuan segera disalurkan baik ke Kupang dan Flores, maupun ke Sumba Timur.

Baca Juga:   PN Denpasar Raih Predikat WBK pada Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas 2020

Dalam keterangannya, DGND Romy Junardy,  Rotary District 3420 Indonesia menjelaskan bahwa dari koordinasi antara District 3420 dan District 3410 banyak sekali wilayah yang terdampak dan kondisi para korban sangat memprihatinkan.

Dari District 3410 ada dr. Lousi Langgi, PP Kenny, DGE Budi, dan Kapten Rico di lapangan, dan dari District 3420 ada Pres  Ratna, Rtn. Ferry, PE dr. Budi Laksono, Rotary, Rotaract, dan Interact Kupang berjibaku membantu para korban yang sangat membutuhkan bantuan terutama logistik.

Pengobatan gratis digelar, dan juga pemberian sembako ke daerah Malaka yang terputus  melalui helicopter.

DGND Romy bersama dengan seluruh anggota Rotary District 3420 terus mengumpulkan sumbangan baik berupa dana maupun barang untuk membantu korban yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Mengingat begitu luasnya dampak banjir bandang dan siklon seroja ini, dan masih belum terjangkaunya bantuan ke pelosok, seluruh Rotarian bekerja sama untuk membantu para korban.

Duka mereka adalah duka kita bersama, kata DGND Romy.  DGND Romy mengajak seluruh Rotarian dan masyarakat pecinta kemanusiaan untuk bekerja bahu – membahu membantu saudara – saudara kita yang membutuhkan. Jalan masih panjang agar semua korban dapat terjangkau, infrasturktur kembali normal, dan ekonomi masyarakat pulih kembali dalam kondisi covid ini.

Romy Junardy

Untuk membantu para korban, Rotary menerima sumbangan baik berupa dana maupun barang – barang. Untuk dana dapat ditransfer ke rekening :

Baca Juga:   Hasil Visum Pelapor I Wayan Ariana Tidak Terbukti Sakit Tiga Hari, Terdakwa Minta Dibebaskan

BANK BRI     Cabang : KUPANG

No rekening : 169 60100 1468538    atas nama : ROTARY CLUB KUPANG CENTRAL

Barang – barang yang sangat dibutuhkan diantaranya : beras, makanan kering, susu anak, pakaian baru maupun pantas pakai untuk dewasa dan anak – anak, tikar atau karpet, selimut, handuk, alat – alat mandi (sabun, shampoo dan sabun cuci), masker, vitamin, minyak angin, alat masak, dll.

Sumbangan barang akan dikirimkan ke RC Kupang Central dan dapat dikirmkan ke :

 

SURABAYA

Bapak MICHAEL AGUSTA

Jalan Sikatan No. 37

Krembangan, Surabaya

KUPANG

HAND FORTUNA CENTER

Jl. Artha Graha I No. 2

Kaluarahan TDM ( Belakang Hotel Amaris), Kupang

 

 

Marilah kita menyisihkan sedikit rejeki kita, karena betapapun kecilnya, apabila kita semua membantu, maka jumlahnya akan menjadi banyak, dan sangat berarti bagi saudara – saudara kita di NTT.

Jangan biarkan saudara kita yang sudah kehilangan rumah dan harta bendanya kelaparan. Sumbangkan apa yang bisa kita berikan dengan ikhlas, dan semoga dengan bekerja bersama, membantu sesama dengan rasa kasih, maka duka saudara kita akan berkurang. ***

Penulis – Wanda

 

 

 

Berita Terkait

Leave a Comment