Eksotisme Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Banyuwangi (Paradiso) – Kondisi New Normal pandemik covid-19 saat ini sejumlah tempat wisata di Banyuwangi telah dibuka, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tidak terkecuali Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang terkenal akan keindahannya.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi menawarkan sunset yang eksotis bagi wisatawan. Warna sunset memerah dibalut kekuningan di cakrawala menambah suasana syahdu. Pantai yang terletak di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi ini merupakan primadona wisata pantai Banyuwangi.

Nama Pantai Merah Banyuwangi diambil dari sebuah bukit kecil yang berada tak jauh dari lokasi Pantai Merah Banyuwangi. Bukit kecil ini memiliki tinggi sekitar 200 meter dan tersusun dari tanah berwarna merah. Bukit tersebut dapat dikunjungi saat air laut sedang surut. Sebaliknya ketika air laut pasang maka bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari pantai. Waktu yang paling tepat mengunjungi bukit ini adalah pada saat sore hari sekitar jam 3 karena pada saat itu air laut mulai surut.

Selain hamparan pantai yang indah wisatawan juga dapat melihat sebuah pura di sekitar Pantai Merah Banyuwangi. Pura tersebut sering digunakan umat Hindu sekitar untuk melakukan beberapa upacara keagamaan. Pantai Merah Banyuwangi terbentang hingga 3 kilometer dan menghadap langsung Samudera Hindia ke arah selatan. Karakteristik pasir di Pantai Merah Banyuwangi ini adalah berwarna putih dan terkadang terlihat merah muda atau kemerahan.

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Merah dapat menikmati indahnya Pantai Pulau Merah dengan berjalan santai sepanjang garis pantai yang berpasir putih. Ada sejumlah tempat duduk di tepi pantai yang bisa digunakan saat berada di Pantai Pulau Merah. Pengunjung bisa bersantai dan menikmati minuman dan makanan disini.

Jika Anda berasal dari luar kota atau bertempat tinggal jauh dari Pantai Merah Banyuwangi juga dapat memanfaatkan fasilitas homestay untuk beristirahat di malam hari. Rata-rata homestay di sekitar Pantai Merah Banyuwangi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp100 ribu -Rp200 ribu per malamnya.

Tempat wisata ini dapat dikunjungi dengan menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Jika memulai perjalanan dari pusat kota maka harus terlebih dahulu berkendara ke arah Srono kemudian menuju Kesilir. Setelah mencapai Kesilir lajukan kendaraan hingga sampai ke kawasan Pantai Merah Banyuwangi.

Anda akan melalui beberapa jalan desa dan banyak jalan yang cukup berkelak-kelok. Oleh karena itu siapkan bekal berupa makanan, minuman, dan juga obat-obatan yang mencukupi. Namun meskipun demikian, perjalanan menuju Pantai Merah Banyuwangi ini cukup mudah dituju karena lokasi pantai ini sudah sangat terkenal. Anda tak perlu takut tersesat karena akan menemukan banyak papan penunjuk jalan menuju Pantai Merah Banyuwangi.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Merah Banyuwangi adalah snorkeling. Pantai Merah Banyuwangi ini mampu menyuguhkan pemandangan wisata bawah laut yang mengagumkan.

Aktivitas lain selain snorkeling yang bisa dicoba adalah surfing atau berselancar. Siapa sangka jika pantai di Banyuwangi ini merupakan salah satu destinasi favorit para peselancar lokal dan mancanegara untuk berselancar. Hal ini dikarenakan ombak pantainya yang cocok untuk digunakan berselancar. Tak heran jika pantai ini bahkan sempat menjadi tuan rumah kompetisi selancar tingkat internasional.

Selain ombaknya yang cocok dimanfaatkan untuk para proesional berselancar beberapa titik lain pantai ini memiliki ombak yang lebih bersahabat. Oleh karena itu pantai ini pun cocok untuk digunakan para wisatawan yang baru ingin mencoba atau ingin belajar surfing. Bagi Anda yang tidak memiliki papan selancar sendiri, bisa menyewa papan selancar di sekitar pantai melalui jasa penyewaan selancar dengan harga sekitar Rp50.000,-

Selain menginap di homestay yang tersedia di sekitar pantai, wisatawan juga bisa mencoba pengalaman berkemah di dekat pantai. Bisa membawa perlengkapan tenda sendiri dari rumah ataupun menyewa berbagai perlengkapan kemah melalui pengelola pantai. Pastikan untuk mengantongi izin berkemah terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk berkemah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *