Home Destinasi Hasil Survei Tunjukkan Wisatawan Kini Lebih Banyak Habiskan Waktu di Hotel

Hasil Survei Tunjukkan Wisatawan Kini Lebih Banyak Habiskan Waktu di Hotel

by Bowo

Jakarta (Paradiso) – Wisatawan Indonesia memprioritaskan experience (pengalaman aktivitas) seperti kelas memasak dan tur sejarah, sebagai bagian dari paket menginap di hotel, bahkan mereka termasuk wisatawan di kawasan Asia yang menyebutnya sebagai hal yang harus ada.

Benefit makanan dan minuman, serta kemudahan untuk check in di awal/late check out berada di posisi kedua dan ketiga dalam daftar hal-hal yang harus ada. Demikian temuan survei Agoda berjudul Travel in 2021 yang diumumkan hari ini untuk menandai peluncuran penawaran produk Agoda Special Offers di Indonesia.

Mengingat perjalanan domestik menjadi satu-satunya pilihan bagi banyak wisatawan di Asia Pasifik, masyarakat kini memprioritaskan cara, tujuan dan aktivitas yang akan mereka lakukan saat berwisata, berdasarkan apa yang yang harus dimiliki sebuah akomodasi. Di kawasan ini, akomodasi-akomodasi teratas memiliki prioritas yang sama, yakni benefit makanan dan minuman di urutan teratas, diikuti experience/pengalaman. Check in awal dan check out melewati batas waktu ada di posisi selanjutnya. Upgrade kamar dan manfaat kesehatan seperti voucher spa ada di urutan 4 dan 5.

Singapura berada di posisi teratas untuk manfaat check in di awal atau late check out, diikuti Malaysia, Indonesia, Taiwan dan China yang masing-masing berada di urutan ke-2, 3, 4, dan 5. Responden Korea Selatan, Jepang, dan Thailand paling sedikit menyebutkan hal tersebut sebagai hal yang harus dimiliki. Wisatawan asal negara-negara ini kemungkinan besar menginginkan upgrade kamar, sementara responden dari Filipina, Thailand dan Vietnam mencatatkan kemungkinan terkecil untuk memprioritaskan upgrade kamar.

Baca Juga:   Pertumbuhan Ekonomi Bali Menurun

“Sebelumnya, hotel adalah basis wisatawan untuk menjelajahi wilayah lokal, terutama bagi wisatawan mancanegara. Kini, dengan pengunjung domestik dan perjalanan staycation mendominasi rencana perjalanan, orang ingin meningkatkan pengalaman akomodasi karena mereka mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di hotel, dan mencari hotel yang menyediakan hiburan. Baik itu aktivitas tambahan atau sekadar kemewahan tambahan seperti makanan dan minuman, atau paket spa, atau benefit untuk late check out, cara orang menikmati liburan kini sudah berubah. Dan Agoda membantu pelanggan menemukan penawaran terbaik dengan produk Agoda Special Offers yang baru untuk membantu pelanggan mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih memuaskan dengan nilai terbaik saat mereka terus melakukan perjalanan hyperlocal,” ucap Gede Gunawan, Senior Country Director, Indonesia, Agoda saat jumpa media secara daring, Selasa (7/9/2021).

Dengan Agoda Special Offers, wisatawan Indonesia kini memiliki akses ke paket ekslusif dan non ekslusif serta manfaat yang bernilai tambah saat mereka melakukan pencarian akomodasi di www.agoda.com/SpecialOfferID.

Mereka bisa mencari berbagai penawaran yang paling sesuai dengan kebutuhan, mulai dari benefit makanan dan minuman, pengalaman di area akomodasi atau luar hotel, check in di awal atau late check out, hingga upgrade kamar spesial dan melakukan pemesanan untuk tawaran paket-paket tersebut dengan harga menarik.

Para penikmat kuliner juga bisa menantikan kampanye flash sale Food Festival pada 7 September – 30 September 2021 untuk menikmati Agoda Special Offers melalui penawaran makan malam dengan diskon hingga 50%.

Baca Juga:   Ketemu Wagub Bali, PT. Urban Company Serahkan Bantuan bagi Para Pekerja Pariwisata

Menyelami data lebih jauhK Keuntungan akomodasi

Dengan terbatasnya perjalanan internasional, orang menemukan hal-hal baru untuk dinikmati di lingkungan mereka sendiri. Terutama untuk keluarga yang memiliki anak, mereka cenderung mencari paket akomodasi yang menyediakan pengalaman seperti workshop lokal dan tur sejarah

Responden kelompok umur 18-24 tahun dan 25-34 tahun kemungkinan besar akan mencari pengalaman sebagai bagian dari paket akomodasi. (*)

 

 

Berita Terkait