Pulau Katang, Berpotensi Jadi Pintu Gerbang Baru Pariwisata Kepri

Batam (Paradiso) – Pulau Katang di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) diyakini bakal menjadi pintu gerbang baru pariwisata Kepri. Pasalnya di pulau ini sedang dibangun resort mewah dengan standar internasional yang dikembangkan PT Angkasa Wijaya Grup (AWG).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga, Raja Fakhrurrazi menganalogikan Pulau Katang sama halnya dengan Batam yang mula dibangun pada tahun 1980-an dan kawasan wisata Lagoi di Bintan yang mula dibangun pada 1990-an.

“Dulunya juga kosong, sama seperti Pulau Katang hari ini. Tapi lihat sekarang Batam dan Lagoi, sama-sama sudah berkembang,” kata Raja Fakhrurrazi saat berkunjung ke pulau Katang, Jumat (9/10/2020).

Kunjungan dalam rangka koordinasi ini juga dihadiri Direktur Pemasaran Pariwisata Regional 1 Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, Direktur PT Angkasa Wijaya Grup, Wagianto Angkasa Wijaya beserta rombongan media dari Jakarta.

Konsep Katanglingga Resort.

Karena itu dia optimis Pulau Katang kedepan bakal menjadi gerbang wisata di Lingga, bahkan akan lebih hebat dari Lagoi.

Dia pun mengajak PT AWG menjual paket tur sejarah karena Lingga dulunya merupakan pusat kerajaan Riau, Lingga, hingga Pahang, Malaysia.

Apalagi Kabupaten Lingga memiliki setidaknya 604 pulau yang berpotensi dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata.

Kesempatan sama, Direktur AWG, Wajianto Angkasa Group menjelaskan pasar potensial Katanglingga Resort dari Singapura dan Malaysia, mengingat letaknya yang berdekatan dengan kedua negara tersebut, hanya sekitar 1 hingga 2 jam menggunakan transportasi laut.

“Pulau Katang dari sisi pariwisata sangat diuntungkan, meskipun masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Lingga, namun secara geografis sangat dekat dengan Kota Batam, yang menjadi pintu gerbang masuk wisman terbesar di Kepri, terutama dari Malaysia dan Singapura,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *