Home Event Laksanakan Bootcamp STPreneur Batch VI, Poltekpar Bali Konsisten Siapkan Wirausahawan Muda

Laksanakan Bootcamp STPreneur Batch VI, Poltekpar Bali Konsisten Siapkan Wirausahawan Muda

by Igo Kleden

BALI|PARADISO.CO.ID – Poltekpar Bali terus berinovasi dan berupaya menjadi pembeda bagi sekolah pariwisaya lainnya di Indonesia. Upaya mempersiapkan para wirausahawan muda terus dilakukan dengan melaksanakan “BOOTCAMP STPRENEUR Pre Incubation Batch VI ” yang dilaksanakan di Mercure Bali  Nusa Dua pada Jumat, 17 September hingga Minggu, 19 September 2021.

Tigapuluh dua (32) peserta digembleng dalam bootcamp kali ini  dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang mumpuni seperti Bayu Susilo – CEO Ramerame.co.id, Vina Aurelia – CEO Morphooschool.com, Cahaya Paramananda – Founder FIN.E), Ayu Linggih  – Founder Rosalie Cheese),  Raka Oka Diraka – Digital Marketing Expert, Dr. Dina Dellyana – Dosen SBM ITB, Gde Brawiswara Putra  – Local President JCI Badung serta  dua panelist yakni Ayu Satya Kartika  – VP of Business Development Kembali Innovation Hub  dan Budi Darmawan  sebagai CEO Micepedia.

Acara Bootcamp ini dibuka  Direktur Poltekpar Bali yang diwakili oleh Wadir Bidang 1 Drs. I Wayan Muliana, M.Ed.

Suasana antusias peserta mengikuti bootcamp ini sudah terlihat sejak peserta hadir dilokasi acara. Mereka serius menyimak berbagai presentasi dari narasumber serta terlibat aktif dalam berbagai dialog dan diskusi dengan narasumber.

Antusiasme para peserta “BOOTCAMP STPRENEUR Pre Incubation Batch VI”. FOTO – IST.

Kepala Unit Kewirausahaan & Bimbingan Karier Poltekpar Bali yang juga Ketua Panitia “BOOTCAMP STPRENEUR Pre Incubation Batch VI ”, I Putu Esa Widaharthana, SE., M.Sc mengatakan  kegiatan Bootcamp ini merupakan kegiatan rutin Unit Kewirausahaan yang diselenggarakan dua kali dalam setahun dengan tujuan menjaring talents-talents wirausaha mahasiswa Poltekpar Bali untuk masuk ke dalam incubator bisnis, juga melatih mahasiswa dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya agar memiliki daya saing dan dapat berjalan secara berkelanjutan serta juga menjadi  salah satu tahapan penjaringan Tenant Batch VI STPreneur yang nantinya akan diinkubasi selama 3 bulan melalui program mentoring bersama para expert di bidangnya masing-masing.

Secara umum lanjut Esa, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu agar 60% lulusan Poltekpar berketerampilan wirausaha dan 20% diantaranya menjadi wirausaha. Apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini, sesuai dengan strategi Kemenparekraf yaitu perlu adanya inovasi, adaptasi dan kolaborasi dari segenap pemangku kepentingan untuk bisa bahu – membahu dan gotong royong dalam menjaga roda gerak ekonomi bangsa.

Peserta Bootcamp kali ini diikiuti oleh 32 orang, secara daring maupun luring. Separuh peserta tambah Esa  merupakan hasil seleksi dari 191 peserta yang terjaring dalam workshop design of thinking dan sebagian juga merupakan undangan terbuka kepada mahasiswa yang telah memiliki bisnis.

“Sebagian para mahasiswa disini juga berkolaborasi dengan kampus lain, diantaranya dengan mahasiswa Atmajaya Jogjakarta dan Brawijaya Malang yang tergabung secara virtual karena sedang berada di luar daerah, yaitu Jawa Tengah. Kebetulan di saat bersamaan mereka juga sedang menggarap project sehingga tidak dapat hadir secara fisik. Namun tetap dapat mengikuti acara ini selama 2 hari,” papar dosen muda Poltekpar Bali ini.

Tak lupa selaku  Panitia Penyelenggara Esa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya “BOOTCAMP STPRENEUR Pre Incubation Batch VI ”, khususnya kepada Direktur Poltekpar Bali dan segenap jajaran Manajemen, Kembali Innovation Hub sebagai partner kolaborasi kami di Unit Kewirausahaan, pihak Mercure Nusa Dua yang telah menyediakan tempat dan juga seluruh Narasumber yang dapat berkesempatan hadir walaupun di tengah pandemic saat ini. Terimakasih juga disampaikan Esa Kepada para peserta yang begitu antusias mendaftarkan diri dan memiliki semangat untuk belajar. Serta  tak lupa kepada team panitia yang telah membantu persiapan kegiatan sampai dengan dapat terselenggaran ini hingga berakhir dengan sukses.

Narasumber yang terus setia berdialog dan mendampingi para peserta “BOOTCAMP STPRENEUR Pre Incubation Batch VI”. FOTO – IST.

Sementara Wadir Bidang 1 Drs. I Wayan Muliana, M.Ed. yang ditemui usai acara ini mengatakan menjunjung kegiatan ini terus dilaksanakan.

Kegiatan ini sangat positif dan Poltekpar Bali agar terus menyelenggarakan karena terbukti telah menghasilkan para wirausahawan muda.

“Poltekpar Bali akan terus melaksanakan kegiatan ini karena sudah terbukti menghasilkan para wirausahawan muda, berbakat dan sukses. Kita juga berterimakasih kepada Unit Kewirausahaan & Bimbingan Karier Poltekpar Bali yang terus konsisten melaksanakan kegiatan ini dan mempersiapkan dengan baik para wirausahaan muda. Kita akan terus dukung kegiatan ini dilaksanakan di Poltekpar Bali, ” tegas Wayan Muliana.

Wayan Muliana juga barharap kepada para peserta agar gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk belajar dan belajar, berdiskusi dan berdialog dengan narasumber agar menemukan produk yang bagus dan unik sehingga bisa diterima pasar dan dapat bersaing dalam membangun usaha kelak. ***

Editor – Igo Kleden

You may also like