Home Event Pentingnya Keterampilan Project Management dalam Peningkatan Karier

Pentingnya Keterampilan Project Management dalam Peningkatan Karier

by Bowo

Jakarta (Paradiso) – Keterampilan project management sangat penting dimiliki untuk bersaing di pasar kerja yang sangat kompetitif, terutama di sektor teknologi informasi (TI) dan telekomunikasi yang berkembang pesat. Oleh karenanya, Project Management Institute (PMI) membekali mahasiswa dan profesional muda dengan solusi pembelajaran komprehensif untuk memastikan mereka siap menangani kompleksitas kebutuhan pekerjaan saat ini.

Keterampilan Project Management Penting dalam Kehidupan dan Pekerjaan Sehari-hari, Ini Alasannya

Dengan menguasai keterampilan project management, kita berpeluang membangun karier yang lebih kuat dan unggul di lingkungan kerja. Inilah tiga skill yang perlu dimiliki oleh semua pelajar dan profesional muda:

Skill berorganisasi: Semua pekerjaan yang kita lakukan dapat dipecah menjadi serangkaian project, dan efektivitas dalam mengatur tugas, prioritas, serta waktu penyelesaiannya merupakan keterampilan yang bisa dikuasai melalui project management. Ini penting untuk menyeimbangkan beban kerja dan memenuhi tenggat waktu, yang bermanfaat dalam pekerjaan apa pun.

Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim: Keterampilan ini melibatkan kemampuan memimpin tim, mendelegasikan tugas, dan memastikan semua orang bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Masing-masing skill tersebut berperan penting dalam setiap lingkungan kerja kolaboratif. Bahkan bagi para profesional, kemampuan ini penting untuk mengasah kemampuan dalam mengantisipasi risiko dan merancang strategi untuk mengatasi masalah di lapangan, serta memperkuat adaptasi terhadap perubahan di lingkungan kerja yang dinamis.

Komunikasi: Dalam project management, penting bagi kita semua untuk bisa berkomunikasi dengan jelas dan efektif agar senantiasa satu suara dengan para pemangku kepentingan terkait. Skill komunikasi yang kuat secara universal bermanfaat dalam interaksi profesional.

Baca Juga:   Masyarakat NTT Diberikan Pemahaman Terkait Investasi Online

Penguasaan skill project management membuat kita lebih siap untuk meningkatkan kemampuan kerja, menavigasi kompleksitas pada peran pekerjaan yang diemban, mendorong hasil yang optimal, dan berkontribusi secara signifikan terhadap organisasi. Di sini, PMI berfokus memberdayakan para profesional dengan rangkaian tools dan teknik untuk belajar dan meningkatkan kualitas dalam perjalanan kariernya.

Untuk itu, PMI baru saja menyelesaikan Roadshow Akademik di Telkom University pada 11 Juni 2024, yang diikuti oleh lebih dari 70 mahasiswa, dan Universitas Pelita Harapan pada 13 Juni 2024, yang melibatkan hampir 100 mahasiswa. Kedua acara ini menampilkan diskusi panel dan sesi pembelajaran interaktif, yang memperkenalkan prinsip-prinsip dasar dan praktik lanjutan dalam project management. Inisiatif tersebut bertujuan membekali mahasiswa dan profesional muda dengan keterampilan project management yang penting dalam menghadapi tantangan dan peluang karir di masa depan.

Pemegang sertifikasi PMI sekaligus pembicara pada roadshow di Telkom University, Dr. Mochammad Ichsan, PgMP, PMP, PMI-SP, PMO-CP selaku praktisi, bersama Ika Arum Puspita, M.T., dosen Fakultas Teknik Industri, Telkom University, menyatakan, “Kerjasama yang terjalin antara PMI dan dunia pendidikan bertujuan mempersiapkan para mahasiswa dalam menghadapi tantangan era digital. Lembaga perguruan tinggi dapat mendukung mahasiswanya untuk lulus dengan segudang keterampilan dan sertifikasi berstandar internasional agar mereka lebih siap dan percaya diri dalam memasuki industri.”

Baca Juga:   Promosi Floratama, BPOLBF Membawa 5 TA/TO ke BBTF 2022

Sementara itu, pada roadshow di Universitas Pelita Harapan, pembicara sekaligus pemegang sertifikasi PMI, Ir. Cornelius Steven Sanjaya, ST., MBA, PMP, PMI-ACP, CAPM, SAFe, Software Technology Program Manager, NTT Data, menambahkan, “Project management berperan penting dalam dinamika angkatan kerja modern. Di tengah kemajuan teknologi dan persaingan global yang pesat, kemampuan mengelola project secara efisien adalah kunci sukses dalam berkarir. Meskipun kecerdasan buatan (AI) menawarkan cara ampuh untuk mendukung project management, namun kita tetap harus beradaptasi dengan teknologi ini agar tidak menggantikan kemampuan manusia dalam berkreasi dan berinovasi.”

Tentang PMI dan komitmennya terhadap project management

PMI adalah otoritas terkemuka dalam project management yang hadir di lebih dari 40 negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia yang memiliki lebih dari 2.800 anggota PMI dan 3.200 profesional bersertifikat PMI. Otoritas ini berkomitmen melayani para profesional project masa kini yang bercita-cita tinggi, seperti para pelajar, profesional yang bekerja, dan tenaga kerja yang memasuki ruang kerja. Hingga saat ini, PMI telah berkolaborasi dengan banyak universitas dan menawarkan berbagai kursus e-Learning gratis dan sertifikasi profesional. Langkah tersebut juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi anggota PMI, seraya memperluas kesempatan mempelajari manfaat dan dampak AI di dunia kerja. Ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan pribadi untuk meningkatkan keterampilan dalam menghadapi masa depan.

Baca Juga:   Discovery Kartika Plaza Hotel Sukses Gelar Ultra Beach Bali 2022

Lebih lanjut, PMI juga berkomitmen terlibat dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 melalui pemberdayaan potensi generasi muda yang dinamis. Melalui fakta naiknya potensi investasi asing langsung ke Indonesia (FDI) pada Kuartal I Tahun 2024 (tumbuh 15,5% YoY), komitmen tersebut dibuktikan oleh PMI dengan meningkatkan profesi project management, mendukung pembelajaran seumur hidup, serta membangun koneksi yang menumbuhkan keterampilan penting untuk masa depan.

“Kami berkomitmen memberdayakan generasi masa depan Indonesia dengan kemampuan project management, memastikan mereka dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam industri yang berkembang pesat. Selain itu, terdapat satu fakta menarik bahwa para pemegang sertifikasi PMI di Indonesia memiliki gaji tahunan rata-rata sebesar US$35.000, jauh lebih tinggi dibandingkan PDB per kapita Indonesia sebesar US$4.788. Perbedaan ini menunjukkan bahwa para profesional yang memiliki sertifikasi terkait dapat memperoleh pendapatan jauh di atas rata-rata nasional, yang mencerminkan tingginya permintaan dan nilai tambah dari sertifikasi PMI kepada pasar tenaga kerja,” jelas SoHyun Kang, Regional Managing Director, PMI Asia Pasifik.

Sebagai bagian dari visinya, PMI berencana memperluas jangkauan dan kolaborasi dengan lebih banyak universitas di seluruh Indonesia, sekaligus membangun jejaring profesional yang kuat dan dinamis. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang PMI, program sertifikasinya, dan bagaimana profesional dapat memajukan karier mereka pada project management.

Berita Terkait