Home Pendidikan Prodi ADH Poltekpar Bali Beri Pelatihan Pelayanan Prima dan Pemasaran Bagi Wisata Glamping di Kawasan Bedugul

Prodi ADH Poltekpar Bali Beri Pelatihan Pelayanan Prima dan Pemasaran Bagi Wisata Glamping di Kawasan Bedugul

by Igo Kleden

BALI|PARADISO.CO.ID -Poltekpar Bali terus berupaya agar berbagai kawasan wisata di Bali terus berkembang baik dari sisi SDM maupun dari sisi digitalisasi kawasan. Salah satu yang dilakukan oleh Poltekpar Bali melalui Program Studi Administrasi Perhotelan (ADH) Poltekpar Bali adalah mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan “Pelatihan Pelayanan Prima dan Pemasaran untuk Mengoptimalkan Kualitas dan Penjualan Glamping,di Bedugul, Tabanan, Bali. Acara ini  diselenggarakan selama dua hari yakni pada 27 hingga 28 Oktober 2021.

Pelatihan dari Prodi ADH kali ini fokus pada Desa Candi Kuning Bedugul. Desa Candi Kuning yang berada di Kawasan Wisata Bedugul memangg terkenal dengan keindahan alamnya apalagi Bedugul adalah salah satu daerah yang sedang mengembangkan glamping sebagai alternatif tempat wisata ramah lingkungan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan ada beberapa glamping masih belum memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan prima,  Rata-rata pengelola pondok wisata juga belum maksimal dalam pemanfaatan sosial media sebagai  upaya menarik perhatian wisatawan  maka Program Studi Administrasi Perhotelan (ADH) Poltekpar Bali mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan Pelatihan Pelayanan Prima dan Pemasaran untuk Mengoptimalkan Kualitas dan Penjualan Glamping,di Bedugul, Tabanan.

Ketua Koordinator Prodi ADH, I Gusti Agung Gede Witarsana, S.ST.Par., MM., CHE mengatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan memberikan pelayanan prima dan mengoptimalkan pemasaran dan penjualan glamping di Kawasan Wisata Bedugul.

Baca Juga:   Gubernur Sutarmidji Resmikan Beroperasinya SPB Borneo di Kalbar

“Kegiatan Pelatihan ini bertujuan untuk dapat memberikan Pemahaman Pelayanan Prima dan Pemasaran untuk dapat Mengoptimalkan Kualitas dan Penjualan Glamping di Bedugul khususnya di wilayah Desa Candi Kuning, Bedugul, Bali,” tegas  Gusti Agung Gede Witarsana.

Pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Direktur Poltekpar Bali, Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Ke dan diikuti oleh   30 peserta dari anggota pengelola dan karyawan Glamping di Bedugul.  Pelatihan ini disambut  baik juga oleh Narendra Darussalam,  Kasi Kesejahteraan/Perwakilan dari Kantor Kepala Desa Candi Kuning.

“Saya sebagai wakil dari Kepala Desa Candi Kuning, sangat berterima kasih kepada Poltekpar Bali telah memberikan pelatihan PKM ini untuk memajukan wisata glamping yang ada di kawasan wisata Bedugul khususnya di Desa Candi Kuning.  Kami berharap pelatihan ini  diikuti dengan sungguh- sungguh untuk kemajuan wisata glamping agar dikenal lebih luas oleh wisatawan domestik maupun luar negeri. Semoga kegiatan ini tidak hanya sampai disini, tapi juga berkelanjutan dan dimungkinkan untuk dibukanya kerjasama -kerjasama lainnya dengan Poltekpar Bali,” papar Narendra Darussalam.

Bentuk kegiatan di hari pertama adalah pelatihan dengan metode ceramah yang dipaparkan oleh dosen-dosen dari Prodi ADH, Materi Pertama dipaparkan oleh Dr. NMD. Santi Diwyarthi,M.Si dengan judul  ‘Pelayanan Prima di Akomodasi Glamping’.

Sementara materi kedua dipaparkan oleh I Gusti Agung Gede Witarsana, S.ST.Par, M.Par dengan judul materi ‘Pentingnya Digitalisasi dalam Pemasaran Glamping.  Sedangkan materi ketiga dipaparkan oleh Ir. I Nyoman Sukana Sabudi, MP dengan judul materi  ‘Hygiene dan Sanitasi di Akomodasi Glamping’.

Baca Juga:   Galakkan Penerapan CHSE, Prodi BHP Gelar Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Wisata Taro

Bentuk kegiatan di hari kedua adalah memberikan pelatihan dengan praktek di bidang houseekeeping dan FB service di salah satu glamping di Desa Candi Kuning.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat pelatihan kepada para peserta pelatihan. Acara pelatihan ditutup oleh Ketua Pelaksana kegiatan Nyoman Gde Mas Wiartha, SE., S.Ipi., M.Par beserta Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Poltekpar Bali, Drs. I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa, M.Ed. diikuti oleh seluruh peserta dan panitia yang hadir.***

Editor – Igo Kleden

 

Berita Terkait