Home Pendidikan Sepuluh Tenant Batch VI STPreneur Sukses Gelar Expo di Sidewalk Jimbaran

Sepuluh Tenant Batch VI STPreneur Sukses Gelar Expo di Sidewalk Jimbaran

by Igo Kleden

BALI|PARADISO.CO.ID – Sepuluh (10) tenant dari Bach VI STPreneur Politeknik Pariwisata Bali sukses menggelar Expo di Sidewalk Jimbaran, Bali pada Jumat, 12 November  hingga  Minggu, 14 November 2021. Expo yang bertujuan melahirkan para enterpreneur muda didikan Poltekpar Bali ini dibuka oleh Wakil Direktur (Wadir) III,   Dr. Luh Yusni Wiarti, M.Par., M.Rech.

Dr. Luh Yusni Wiarti, M dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dan berharap tenant – tenant yang mengikuti expo kali ini  memperoleh manfaat dari kegiatan ini.

Kegiatan ini sangat positif dan Poltekpar Bali akan  terus menyelenggarakan karena terbukti telah menghasilkan para wirausahawan muda.

“Poltekpar Bali akan terus melaksanakan kegiatan ini karena sudah terbukti menghasilkan para wirausahawan muda, berbakat dan sukses, ” kata  Luh Yusni Wiarti.

Sepuluh  tenant yang mengikuti kegiatan dengan tema ‘Journey of Entrepreneurial Movement’ ini adalah Kaddo, Rose Planner, KKmus, Rose Ribbon, Kompeni Kopi, Pizza Omi, Katulistiwa, Livy Film, NAD Coffee & Eatery, Radya Bouquet dan Kukiku.

Batch VI Stpreneur Expo 2021 di Sidewalk Jimbaran. FOTO – IST.

Keikursertaan para tenant dalam expo  ini pun tidak mudah. Mereka harus mengikuti berbagai pembinaan dan pembekalan dari para mentor  hingga menghasilkan berbagai produk yang bisa bersaing di pasar.

Kepala Unit Kewirausahaan & Bimbingan Karier Poltekpar Bali  I Putu Esa Widaharthana, SE., M.Sc yang ditemui di sela – sela  pelaksanaan Expo di Sidewalk Jimbaran mengatakan Politeknik Pariwisata Bali sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong mahasiswa untuk mengembangkan jiwa berwirausaha sehingga nantinya dapat menjadi wirausahawan yang mampu membuka lapangan pekerjaan. Untuk mencapai tujuan tersebut sejak tahun 2019, dibentuk sebuah inkubator bisnis yang mewadahi mahasiswa melatih jiwa kewirausahaan. Inkubator bisnis yang bernama STPreneur ini menjaring tenant-tenant mahasiswa untuk kemudian masuk proses inkubasi dan mengikuti Pelatihan kewirausahaan yang terarah dan lebih intensif.

Baca Juga:   Prodi BHP Poltekpar Bali Ikut Kembangkan Wisata Pedesaan di Desa Kenderan dan Tegallalang

Kegiatan ini juga menurut pria yang akrab disapa Esa ini bertujuan memberikan kesempatan kepada tenat-tenant inkubator bisnis #stprneur Poltekpar Bali untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas sekaligus melakukan validasi pasar terhadap produk mereka. Selain itu pameran ini melatih mahasiswa untuk berani dan percaya diri untuk bertemu langsung dengan pelanggan.

Lebih lanjut Putu Esa menjelaskan 10 tenant yang mengikuti Expo kali ini telah mengikuti seleksi yang ketat. Dimulai dengan  melaksanakan “BOOTCAMP STPRENEUR Pre Incubation Batch VI ”  di Mercure Bali  Nusa Dua pada Jumat, 17 September hingga Minggu, 19 September 2021 lalu.

Awalnya ada tigapuluh dua (32) peserta digembleng dalam bootcamp    dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang mumpuni seperti Bayu Susilo – CEO Ramerame.co.id, Vina Aurelia – CEO Morphooschool.com, Cahaya Paramananda – Founder FIN.E), Ayu Linggih  – Founder Rosalie Cheese),  Raka Oka Diraka – Digital Marketing Expert, Dr. Dina Dellyana – Dosen SBM ITB, Gde Brawiswara Putra  – Local President JCI Badung serta  dua panelist yakni Ayu Satya Kartika  – VP of Business Development Kembali Innovation Hub  dan Budi Darmawan  sebagai CEO Micepedia.

I Putu Esa Widaharthana, SE., M.Sc juga mengatakan  kegiatan  ini merupakan kegiatan rutin Unit Kewirausahaan yang diselenggarakan dua kali dalam setahun dengan tujuan menjaring talents-talents wirausaha mahasiswa Poltekpar Bali untuk melatih mahasiswa dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya agar memiliki daya saing dan dapat berjalan secara berkelanjuta.

Baca Juga:   Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Sikap Dasar Profesi untuk Mahasiswa Baru

Secara umum lanjut Esa, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu agar 60% lulusan Poltekpar berketerampilan wirausaha dan 20% diantaranya menjadi wirausaha. Apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini, sesuai dengan strategi Kemenparekraf yaitu perlu adanya inovasi, adaptasi dan kolaborasi dari segenap pemangku kepentingan untuk bisa bahu – membahu dan gotong royong dalam menjaga roda gerak ekonomi bangsa.

Tak lupa Esa juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya Batch VI Stpreneur Expo 2021di Sidewalk Jimbaran ini, khususnya kepada Direktur Poltekpar Bali, Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes, Wadir III,  Dr. Luh Yusni Wiarti, M.Par., M.Rech. dan segenap jajaran Sivitas Akademika Poltekpar Bali atas dukungan dalam penyelenggaraan event kali ini.

Terimakasih juga disampaikan Esa kepada para peserta yang begitu antusias dan memiliki semangat tinggi  untuk belajar dari para mentor hingga mengikuti expo saat ini. Dan  tak lupa pula terimakasih kepada team panitia yang telah membantu persiapan kegiatan sampai suskes terselenggaranya kegiatan ini. ***

Editor – Igo Kleden

 

Berita Terkait