Home Pendidikan Prodi MAH Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Sistem Informasi Akuntansi Di Desa Wisata Taro, Bali

Prodi MAH Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Sistem Informasi Akuntansi Di Desa Wisata Taro, Bali

by Igo Kleden

BALI|PARADISO.CO.ID – Mahasiswa Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Wisata Taro, Gianyar pada 26 – 27 April 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan Pelatihan Sistem Informasi Akuntansi untuk Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Wisata Taro.  Sistem Informasi Akuntansi yang  dilatih merupakan hasil karya mahasiswa Manajemen Akuntansi Hospitaliti Poltekpar Bali.

Direktur Politeknik Pariwisata Bali yang diwakilkan oleh Wakil Direktur II,  I Wayan Tuwi, SE.,M.Si dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara secara resmi menyampaikan terima kasih kepada Perbekel Desa Wisata Taro yang sudah memfasilitasi kegiatan pelatihan ini selama dua hari. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat untuk kemajuan Desa Wisata Taro.

Sementara  khusus untuk para pengelola dan pemilik homestay pelatihan ini mengingatkan betapa pentingnya pengelolaan laporan keuangan untuk kemajuan  homestay di Desa Wisata Taro.

“Kedepannya diharapkan dapat bersinergi tidak hanya hari ini dan  kegiatan ini berkelanjutan demi kemajuan Desa Wisata Taro,” tegas   I Wayan Tuwi.

Poltekpar Bali dan Desa Wisata Taro telah lama menjalin kersama selama ini. Kerjasama yang telah terjalin sangat erat dan baik selama ini  dipererat lagi dengan Penandatanganan  MOA  (Memorandum of Agreement) antara Prodi Manajemen Akuntansi Hospitaliti Politeknik Pariwisata Bali dengan Desa Wisata Taro.

Koordinator Prodi Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH) I Dewa Ayu Rai Sumariati, SE.,dalam laporannya  menyampaikan terima kasih kepada Perbekel Desa Wisata Taro dan para peserta yang hadir karena  kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan baik. Ia berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat berguna nantinya dalam penerapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dalam  kegiatan pengelolaan keuangan menuju laporan keuangan yang transparansi dan akuntabilitas di Desa Wisata Taro terkhusus para pelaku usaha homestay yang ada di Desa Wisata Taro.

Baca Juga:   Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Long Serve Dalam Permainan Bulu Tangkis Dengan Menggunakan Metode Blocked Practice

Sementara Perbekel Desa Wisata Taro, I Wayan Warka dalam sambutannya  mengapresiasi dan berterimakasih atas kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Manajemen Akuntansi Poltekpar Bali  yang sudah sangat membantu dalam pendampingan Desa Wisata Taro selama ini. Ia  berharap kegiatan  pengabdian masyarakat ini tidak selesai di hari ini saja namun terus berlangsung untuk kemajuan Desa Wisata Taro kedepannya.

“Dan semoga kegiatan pelatihan ini diikuti sungguh – sungguh oleh para pelaku pengelola usaha homestay yang ada di Desa Wisata Taro,”ujarnya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Ini melibatkan 30 orang yaitu pemilik dan pengelola homestay, DTW dan Pokdarwis. Bentuk dari kegiatan pengabdian ini berupa metode penyampaian materi melalui pelatihan. Sementara seminar  dilakukan secara luring  diberikan oleh para dosen Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti Politeknik Pariwisata Bali sebagai fasilitator.

Kegiatan di hari pertama adalah penyampaian materi sesi pertama   oleh Pengelola Desa Wisata Taro dan dilanjutkan di hari kedua dengan Pemaparan Sistem informasi Akuntansi dan praktik langsung mengenai system  Point of Sales.

Adapunn para  narasumber dalam kegiatan ini adalah  Ketua Pokdarwis,  I Wayan Gede Wardika,SE yang ,memberikan materi Pengelolaan Desa Wisata Taro, dilanjutkan narasumber kedua, Dosen Prodi MAH,  I Wayan Tuwi,SE.,M.Si dengan materi  Sosialisasi Prinsip – prinsip Tata  Kelola yang baik (Good Governance) dalam pengelolaan keuangan.  Dan narasumber ketiga adalah  Dosen Prodi MAH Ibu Ni Luh Riska Yusmarisa, SE., M.Si. dengan materi  ‘Peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan’. ***

Baca Juga:   Kadis Pendidikan Bali Jamin Daya Tampung SMA/SMK 2020 Melebihi Lulusan SMP

Editor – Igo Kleden

Berita Terkait