Home Advertorial Sukses Gelar Batch V STPreneur, Poltekpar Bali Cetak 9 Tenant Bisnis Baru

Sukses Gelar Batch V STPreneur, Poltekpar Bali Cetak 9 Tenant Bisnis Baru

by Igo Kleden

BALI|PARADISO.CO.ID – Incubator Batch V STPreneur, Poltekpar Bali telah usai yang ditandai dengan acara Closing Ceremony Bacth V STPreneur yang berlangsung secara Hybrid di Gedung Widyatula pada Jumat, 25 Juni 2021.

Acara yang mengusung tema ‘The Journey of Entreprenurial Spirit’ ini berlangsung menarik. Dihadiri Dr. Amirosa Ria Satiadji, SE.,MM, Wakil Direktur III Poltekpar Bali yang membidangi Kerjasama, Alumni dan Kemahasiswaan mewakili Direktur Politeknik Pariwisata Bali, Drs I.B. Putu Puja ,M.Kes, sejumlah panelis, para mentor dan sembilan tenant terpilih.

Tampil sebagai yang terbaik dalam Batch V STPreneur ini adalah Pizza OMI, disusul Basreng Maut di posisi kedua dan Amda.CO di posisi ketiga.

Acara yang berlangsung hangat secara daring dan luring (hybrid) itu  didahului dengan presentasi dari masing – masing tenant. Terlihat para tenant sangat mempersiapkan diri  untuk mempertanggungjawabkan produknya di hadapan para panelis. Sebut saja misalnya Amda.co dengan tegas ia mengatakan produknya yang terdiri dari bantal berbagai model, ukuran dan jenis memang menyasar para ibu. Ibu adalah pengambil keputusan dalam pembelian bantal, ujarnya sederhana.

Dari Kanan : Dr. Amirosa Ria Satiadji, SE.,MM, Wakil Direktur III Poltekpar Bali,
Dr. Sayu Ketut Sutrisna Dewi, SE., M.M (Panelis), Yus Sudibya, Owner Infodenpasar (Panelis). FOTO – IST.

Hal ini pun diapresiasi oleh sejumlah panelis seperti Dr. Sayu Ketut Sutrisna Dewi, SE., M.M yang juga dosen di Universitas Udayana, Yus Sudibya yang juga Owner Infodenpasar serta CEO Rumah Siap Kerja, Roestiandi Tsamanov.

Panelis Sayu Ketut Sutrisna Dewi mengapresiasi para tenant yang tampil dalam Batch V  STPreneur ini dan beliau mengingatkan agar setiap produk yang dihasilkan penting memiliki keunikannya dan juga harus berani menentukan target marketnya. Tanpa itu setiap produk akan sulit bersaing di pasar.

Sementara Yus Sudibya, Owner Infodenpasar yang juga tampil sebagai panelis mengungkapkan pentingnya promosi. Kunci sukses sebuah produk juga terletak pada bagaimana kita melakukan promosi. Promosi itu penting, tegasnya.

Sementara  Kepala Unit Kewirausahaan dan Bimbingan Karier Poltekpar Bali, I Putu Esa Widaharthana SE,. M.Sc. yang ditemui usai acara mengungkapkan kegiatan inkubator bisnis merupakan kegiatan rutin yang  dilaksanakan tiap semester.

Sesuai dengan instruksi Kemenparekraf dalam pengembangan kewirausahaan agar dapat mencetak minimal 20 persen lulusan Poltekpar Bali sebagai wirausaha (job creator). Selain itu juga dapat terwujud 60 persen lulusan Poltekpar Bali berjiwa dan berketerampilan wirausaha.

Lanjut Esa, Kegiatan Inkubator bisnis kali ini merupakan kali kelima yang dilaksanakan. Kegiatan Batch V ini mulai laksanakan pada 1 April 2021 dan berjalan selama tiga bulan. Tenant inkubator bisnis Batch V ini merupakan hasil seleksi dari total 77 mahasiswa yang sebelumnya mengajukan proposal rencana bisnis.

Proses seleksi dilakukan 3 tahap, dimulai seleksi proposal rencana bisnis, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Workshop Design of Thinking pada 19 Februari 2021, dan kegiatan Bootcamp STPreneur yang dilaksanakan pada 18-20 Maret 2021 lalu.

Adapun peserta dalam kegiatan mentoring adalah mahasiswa Poltekpar Bali yang juga berkolaborasi dengan mahasiswa di luar kampus Poltekpar Bali, seperti Universitas Terbuka dan Politeknik Negeri Bali.

Para Peserta Closing Ceremony Bacth V STPreneur yang berlangsung secara Hybrid di Gedung Widyatula pada Jumat, 25 Juni 2021. FOTO – IST.

Jumlah Tenant yang tampil hingga closing Bacth V ini  adalah sembilan tenant seperti Amda.CO, Bwahtangan, Basreng Maut, Bali VTA, Cerita Bunga, The Goat Project, Secreat Treasure, Nasi Ayam Satu Jiwa dan Pizza Omi.

Putu Esa juga menegaskan sesuai dengan Perpres No 27 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Inkubator Wirausaha bahwa pengembangan inkubator wirausaha  bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan usaha baru yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi; juga  mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia terdidik dalam menggerakkan perekonomian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebelumnya para tenant ini mengalami proses mentoring  secara daring dan luring oleh para Mentor seperti Arnantyo Naresyworo, Founder International Hotel Management School (IHMS) dan Naresy International Education Counsultant (NIEC), Aryo Indarto, Founder Whale and Co Seminyak, Bali,  Budi Darmawan, CEO dan Founder Micepedia, Deny Gunawan, Owner Representative Amore Proprietary Limited (Pty Ltd),  I Gusti Ngurah Wira Sedana, SE., MM., CFP (Certified Financial Planner) Financepreneur & Wealth Manager, AA. Ayu Sri Utami Linggih, Founder Rosalie Cheese dan Kristiawan Hendro Ciputro, Event Specialist Oliven Wedding & Events.

Esa berharap sesuai dengan tema closing ceremony kali ini yaitu “The Journey of Entrepreneurial Spirit”, perjalanan yang telah mereka lalui selama ini dapat menggugah dan memberi motivasi, inspirasi, serta spirit bagi mahasiswa lainnya sehingga tergerak untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masa depan.

Sementara Dr. Amirosa Ria Satiadji, SE.,MM, Wakil Direktur III Poltekpar Bali dalam sambutannya menegaskan pentingnya mahasiswa untuk dilatih berwirausaha. Poltekpar Bali selalu mendukung setiap mahasiswa yang ingin berwirausaha dan STPreneur inilah tempat para mahasiswa menempa diri dalam berwirausaha.

Acara kemudian diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang dan juga penyerahan penghargaan kepada para panelis yang diberikan langsung oleh Dr. Amirosa Ria Satiadji, SE.,MM didampingi Kepala Unit Kewirausahaan & Bimbingan Karier Poltekpar Bali, I Putu Esa Widaharthana SE,. M.Sc. ***

Editor – Igo Kleden

You may also like