Pledoi Ciaran Francis Caulfield Menilai Jaksa Tidak Profesional

PARADISO.CO.ID I DENPASAR – Setelah dituntut hukuman pidana penjara selama 10 bulan oleh Jaksa Penuntut Umum, pihak Penasehat Hukum terdakwa Ciaran Francis Caulfield warga Irlandia membacakan nota pembelaan, atau pledoi pada sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Denpasar Denpasar, Kamis 24 September 2020.

Dalam perkara dugaan penganiayaan ini pihak penasehat hukum terdakwa menyebutkan, bahwa apa yang ditudingkan oleh pihak penggugat sama sekali tidak memiliki kekuatan hukum tetap atau legal standing.

Dihadapan Majelis Hakim pihak tim penasehat hukum terdakwa Yupiter Gul Lalwani, SH dan Chandra Katarina Nutz, SH menegaskan, jika sejak awal proses penyelidikan dan penyidikan hingga penuntutan, terdakwa tidak mendapatkan perlakuan hukum yang jelas.

Pihaknya menilai bahwa Jaksa Penuntut Umum tidak profesional menuntut di luar fakta hukum yang sebenarnya. Juga menilai proses penyidikan hingga penuntutan terhadap terdakwa Ciaran Francis Caulfield penuh rekayasa karena tidak didasari bukti yang cukup.

Dalam pembelaannya, penasehat hukum Ciaran Francis Caulfield menyebutkan bahwa salah satu bukti Jaksa Penuntut Umum menjatuhkan tuntutan terhadap terdakwa adalah bukti surat visum et repertum, sementara dalam visum et repertum terdapat kesalahan yang baru diperbaiki, dan dikoreksi dalam persidangan. Jadi bagaimana bisa visum et repertum yang salah bisa melewati tahap penyidikan dan tahap pemeriksaan, dan dinyatakan perkara ini P21 oleh Jaksa Penuntut Umum.

Karena itu, Jaksa Penuntut Umum dalam dakwaan dan penuntutan tidak profesional, dan jauh dari kebenaran fakta yang sesungguhnya karena ada banyak fakta dan data yang sengaja dimasukan dalam dakwaan namun sesungguhnya tidak sesuai kenyataan.

Dengan demikian, tim penasihat hukum meminta majelis hakim menyatakan terdakwa bebas demi hukum karena tidak terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan.

Selanjutnya, tim penasihat dalam pembelaannya memohon majelis hakim memulihkan hak-hak terdakwa  Ciaran Francis Caulfiel dalam kemampuan, kedudukan, harkat dan martabat serta nama baik seperti semula.***

Penulis – Bene I Editor – Sonny

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *