Korban Jelaskan Kehadiran Anggota TNI di Ruang Sidang

PARADISO.CO.ID I DENPASAR – Setelah rencana sidang tuntutan Jaksa terhadap terdakwa Linda Fitria Paruntu ditunda hingga 29 September 2020.

Kepada wartawan paradiso.co.id korban Simone Christine Polhutri menjelaskan mengenai keberadaan anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang hadir dalam ruang sidang di Pengadilan Negeri Denpasar.

Menurut korban bahwa setiap anggota TNI yang hadir dalam ruang sidang di Pengadilan Negeri Denpasar, sudah dibekali dengan surat tugas masing-masing, jadi tidak ada yang menyalahi aturan hukum saat mereka hadir dalam ruang sidang tersebut.

“Saya adalah keluarga TNI, selain persidangan terbuka untuk umum, setiap keluarga TNI yang menghadapi masalah wajib mendapat bantuan hukum saat persidangan”tegas Simone

Ia juga mengatakan bahwa setiap keluarga besar TNI bantuan hukum itu sangat melekat, dan hal seperti ini dia (terdakwa) sangat tidak mengerti. “Seharusnya dia bertanya, atau cari tau jangan sembarang bikin isu-isu yang tidak penting dan meresahkan,”tambah Simone

Kepala Hukum Lanud Ngurah Rai, Mayor TNI AU Erwin Dwiyanto menjelaskan bahwa anggota TNI yang datang mendampingi ibu Simone berdasarkan aturan TNI AU yang berlaku, dan setiap personil TNI yang mendampingi di persidangan ibu Simone di Pengadilan Negeri Denpasar sudah dibekali surat tugas,”jelasnya saat mendampingi korban Simone Christine Polhutri

“Bu Simone itu harus didampingi karena beliau adalah keluarga TNI, berdasarkan aturan yang berlaku kita sebagai anggota TNI wajib melakukan pendampingan hukum, harus mendampingi selama persidangan di Pengadilan Negeri Denpasar,”tambah mantan personil pasukan khusus Angkatan Udara itu.

Berdasarkan Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep/644/IX/2016 tentang Petunjuk Teknis TNI AU Tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum Dalam Penanganan Perkara Melalui Proses Peradilan.

Bab I Pendahuluan 1. Umum, poin a. Dinas Hukum TNI Angkatan Udara bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan hukum meliputi pembinaan hukum udara dan ruang angkasa, humaniter serta hak asasi manusia, bantuan hukum, pembinaan kesadaran hukum dan penegakan hukum serta perundang-undangan. Salah satu tugas bantuan hukum dilaksanakan melalui proses beracara di pengadilan (litigasi) dan di luar pengadilan (nonlitigasi) atau melalui lembaga-lembaga alternatif penyelesaian sengketa yang ditujukan untuk melindungi kepentingan hukum bagi Institusi TNI Angkatan Udara, prajurit/PNS TNI Angkatan Udara, dan keluarganya, prajurit siswa, pumawirawan, wredatama, warakawuri/duda, yayasan/koperasi di lingkungan TNI Angkatan Udara, dan Veteran TNI Angkatan Udara.

Sedangkan, pada poin b. Penyelenggaraan bantuan hukum merupakan salah satu bentuk rawatan kedinasan yang diberikan melalui proses beracara di pengadilan (litigasi) dilaksanakan di lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, peradilan tata usaha negara dan mahkamah konstitusi, serta peradilan khusus berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, di mana dalam penanganan perkara di pengadilan tersebut terdapat tahapan-tahapan acara persidangan yang kompleks dan dinamis sehingga diperlukan penguasaan teknis beracara di pengadilan oleh setiap personel hukum. Guna mewujudkan penyelenggaraan bantuan hukum melalui pengadilan (litigasi) dapat terlaksana dengan baik, tertib, lancar, efektif, efisen, normatif, dan profesional diperlukan Petunjuk Teknis Tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum Dalam Penanganan Perkara Melalui Proses Peradilan.

Menyinggung rencana sidang tuntutan yang akan digelar pada tanggal 29 September 2020, menurut korban bahwa akan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat hukum, karena menurutnya aparat penegak hukum kita sangatlah profesional, jadi tidak ada keraguan sedikitpun mengenai tuntutan yang akan dilakukan jaksa nanti dalam agenda sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Linda Fitria Paruntu.

Namun demikian, sebagai korban Simone Christine Polhutri sangat mengharapkan keadilan,” saya korban dalam hal ini, dan sebagai seorang korban sudah betul-betul mengalami yang tidak seharusnya dialami, baik dari sisi nama baik, reputasi, waktu dan lain sebagainya, saya dirugikan dalam segala hal,”ungkapnya.***

Penulis – Bene I Editor – Sonny

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *