Korban Meminta Hakim Memberi Hukuman Setimpal Kepada Terdakwa Linda Fitria Paruntu

PARADISO.CO.ID I DENPASAR – Sidang kasus dugaan pencemaran nama baik melalui media sosial Facebook dengan terdakwa Linda Fitria Paruntu,  menghadirkan keterangan saksi ahli bahasa dari Universitas Ganesha Singaraja Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, Mpd. Selasa (8/9/2020).

Tetapi, ketika Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, Mpd memberikan keterangan sebagai seorang ahli bahasa korban Simone Christine Polhutri menjadi heran.

Bagi korban, ahli tersebut tidak dapat menjelaskan dengan baik kalimat tentang makna dan maksud dari postingan terdakwa terkait arti dari kalimat, “Mana orang kayak monyet dan mana yang kaya beneran”

Menurut Simone Christine Polhutri ahli dalam memberikan keterangan tidak menunjukkan definisi yang benar tentang kalimat “kayak monyet” yang artinya “seperti monyet” sebagai penghinaan seperti yang di-tag pada halaman akun Facebook  miliknya,”jelasnya

Ia menambahkan ahli yang dihadirkan itu berkata tidak jujur, dan seharusnya ahli yg dihadirkan itu ingat karena diawal persidangan sudah disumpah untuk mengatakan yang sebenar-benarnya.

Menurut korban seharunya terdakwa yang didakwakan dengan Undang-Undang 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), tidak boleh lagi dengan bebas menggunakan gadget di media sosial, “Ini yang perlu diperhatikan sebab hal ini sangat membahayakan,”imbuhnya

Menariknya dalam persidangan tersebut hakim yang diketuai oleh I Wayan Sukradana sempat mengajak kedua belah pihak untuk saling memaafkan.

Menurut korban ia telah memaafkan terdakwa, dilain hal dirinya mengingatkan agar hal tersebut bukan berarti menghapuskan ancaman ataupun dijadikan alasan untuk memberi hukuman ringan kepada terdakwa. Karena itu, korban meminta kepada hakim untuk memberi hukuman yang setimpal terhadap terdakwa.

“Kami harap hukuman nanti bisa membuat terdakwa menjadi jera dan tidak mengulangi perbuatannya,”tegas Simone Christine Polhutri.***

Penulis – Bene I Editor – Sonny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *