Surat Terbuka Kepada Presiden Joko Widodo

Denpasar, 06 Juli 2020

Nomor : 048/ESP/VII/PERM/2020

Perihal : Permohonan Perlindungan Hukum dan Perlindungan Hak atas Tanah seluas 24.250 M2 yang terletak di Cipayung Jalan Bina Marga Jakarta Timur.

Kepada,

Yth. Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Dengan Hormat,

Pertama-tama, kami berdoa semoga Bapak Presiden Republik Indonesia dan keluarga sehat walafiat serta diberi petunjuk dan perlindungan oleh Allah subhanahu wa taala memimpim Bangsa Indonesia dalam situasi yang sangat sulit seperti saat ini.

Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang terhormat, ijinkan kami menyampaikan permohonan perlindungan hukum atas Hak Tanah seluas 24.250 M2 yang merupakan Hak dari Para Pemohon Perlindungan Hukum yaitu Klien kami, sebagai berikut:

Nama : Sutedja Budiman. Alamat : Jalan Mampang Prapatan XI No. 41 A RT / RW 006 / 001 Kelurahan Tegal Parang Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

No. KTP : 3174031702660003. Nama : Gina Setiadi Budiman. Alamat : Jalan Mampang Prapatan XI No. 41 A Rt / Rw 006 / 001 Kelurahan Tegal Parang, Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

No. KTP :  3171010808670008. Nama : Setiawan Budiman. Alamat : Jalan Cideng Timur No.6 B RT/RW 004 / 004 Kel. Petojo Utara Kec. Gambir Jakarta Pusat.

No. KTP : 3171011911680003. Nama : Ir. Setiatno Budiman MBA. Alamat : Jalan Cideng Timur No.6 B RT/RW. 004 / 004 Kel. Petojo Utara Kec. Gambir Jakarta Pusat.

No. KTP : 3171011911680002.

Dalam hal ini, Para Pemberi Kuasa memberikan Kuasa kepada: EDYANTO M SILALAHI, S.H. DJAMHUR, S.H., CLA., CIL. ALBERT H SIAGIAN, S.H.

Para Penerima Kuasa kesemuanya Warga Negara Indonesia dengan Pekerjaan Advokat / Pengacara Pada Kantor Hukum EDYANTO & PARTNER yang bekedudukan dan bertempat di Jl. Pulau Moyo IX No. 3 Denpasar-Bali, berdasarkan Surat Kuasa Khusus tertanggal 30 Juni 2020 (terlampir).

Adapun kronologi singkat dalam Surat ini kami sampaikan adalah, sebagai berikut:

Bahwa klien kami, memiliki tanah dengan total seluas 24.250 M2 yang dibeli berdasarkan Akta No.83 tanggal 25 maret 1987 luas 3.250 M2, Akta No. 15 tanggal 18 Agustus 2000 luas 5.000 M2, Akta No. 86 tanggal 25 Maret 1987 luas. 4.000 M2, Akta No. 87 tanggal 25 Maret 1987 luas. 4.000. M2, Akta No. 89 tanggal 25 Maret 1987 luas. 4.000 M2, Akta No.88 tanggal 25 Maret 1987 luas. 4.000 M2 kesemuanya tanah tersebut satu hamparan sesuai dengan Girik C Nomor 289.

Bahwa atas tanah tersebut, terletak di jalan Bina Marga Cipayung Jakarta Timur.

Bahwa Batas  batas tanah milik Klien kami tersebut adalah berada pada posisi : Utara : Jalan Mesjid Nurul Hidayah. Selatan : Tanah Ny Djinah Binti Djiun bin Balok. Timur : Tanah Masyarakat Cipayung. Barat : Tanah Miot, dan Tanah Djinah binti Djiun.

Bahwa atas tanah yang klien kami miliki tersebut, saat ini dikuasai oleh PT. SAYANA INTEGRA PROPERTY tanpa alas hak yang dianggap, data Juridis atau data fisiknya tidak benar, karena sertifikat yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Kota Jakarta Timur, tidak memiliki warkah sama sekali atas penerbitannya, sehingga dengan demikian Sertifikat Hak Guna Bangunan No. 385 / Cipayung atas nama PT. SAYANA INTEGRA PROPERTY tidak mempunyai alas dasar hak diatas tanah milik klien kami seluas 24.250 M2.

Bahwa warkah itu harus atau wajib ada di BPN, karena warkah itu, sebagai dasar diterbitnya sebuah sertifikat di BPN, dan warkah itu menceritakan riwayat tanah atau historis dari tanah tersebut berasal dari mana, giriknya berasal dari  nomor berapa, SKPT nomor berapa, Riwayat AJB juga harus ada, karena tanah tersebut dibeli oleh siapa kepada siapa, jadi jika sertifikat itu diterbitkan tanpa warkah, maka Sertifikat Hak Guna Bangunan No. 385 / Cipayung atas nama PT. SAYANA INTEGRA PROPERTY dianggap tidak ada atau tidak mempunyai alas dasar hak diatas tanah milik klien kami seluas 24.250 M2. Jadi penerbitan Sertifikat Hak Guna Bangunan No. 385 / Cipayung atas nama PT. SAYANA INTEGRA PROPERTY tidak memiliki data juridis / atau data fisiknya sama sekali, sehingga Sertifikat Hak Guna Bangunan No. 385 / Cipayung atas nama PT. SAYANA INTEGRA PROPERTY dianggap tidak pernah ada.

Bahwa Pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) maupun pihak PT. SAYANA INTEGRA PROPERTY tidak bisa menunjukkan batas-batas tanah di lapangan pada saat melakukan pemeriksaan setempat atau descente diatas objek sengketa, sehingga dengan sangat jelas penerbitan Sertifikat Hak Guna Bangunan No. 385 / Cipayung atas nama PT. SAYANA INTEGRA PROPERTY dianggap tidak jelas dan tidak benar.

Bahwa Klien kami tidak mampu secara Finansial untuk mengikuti alur Peradilan Tingkat Pertama sampai Kasasi dan Peninjauan Kembali. Oleh karena itu, kami mohon kepada Bapak Presiden untuk memberi perhatian agar pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pusat dan Badan Pertanahan Nasional Jakarta Timur melakukan pengukuran ulang untuk pengembalian batas atas tanah-tanah yang dikuasasi oleh PT. SAYANA INTEGRA PROPERTY yang didalamnya sebagian milik Para Pemohon Perlindungan Hukum.

Bahwa dalam kejadian ini kami menduga, melihat sangat besar peranan Para Mafia Tanah yang tidak dapat mempertanggung jawabkan kepada orang yang berhak.

Bahwa tidak ada lagi harapan kami selain daripada Bapak Presiden yang langsung memberikan perhatian terhadap Tanah Hak Klien kami ini.

Demikian permohonan Perlindungan Hukum ini kami sampaikan, semoga Allah subhanahu wa taala melindungi Bapak Presiden kami yang gigih untuk membangun Indonesia yang bisa kami lihat dengan nyata saat ini pembangunan yang merata di Indonesia kami bangga sebagai rakyat dengan kepemimpinan Bapak Presiden, begitu pesat pembangunan semoga Indonesia semakin maju dan bermartabat di mata Internasional. Tidak lupa kami menyampaikan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Kuasa Hukum Pemberi Kuasa.

D Edyanto M Silalahi, S.H.

Djamhur, S.H., CLA., CIL

Albert H Siagian, S.H.

 

Tembusan disampaikan kepada:

Yth. Bapak Menteri ATR / Kepala BPN di Jakarta.

Yth, Bapak Menko Kemaritiman dan Investasi di Jakarta.

Yth. Bapak Kapolri di Jakarta.

Yth. Bapak Jaksa Agung RI di Jakarta.

Yth. Ketua KPK di Jakarta.

Yth.Kepala BPN Kota Jakarta Timur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *